Home News Politik KPU Kotim Buka Rekrutmen 4.669 Anggota KPPS, Ajak Warga Aktif Berpartisipasi dalam Pemilu

KPU Kotim Buka Rekrutmen 4.669 Anggota KPPS, Ajak Warga Aktif Berpartisipasi dalam Pemilu

  Sugianto   | Jumat , 20 September 2024
fee23861f703af2cba6c2e10a1f95a5d.jpg
Ketua KPU Kotim Muhammad Rifqi

KLIK.SAMPIT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) secara resmi membuka rekrutmen 4.669 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan ditempatkan di 667 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh wilayah Kotim. Rekrutmen ini menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk terlibat aktif dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Terkait rekrutmen KPPS, KPU Kotim membuka pendaftaran bagi 4.669 petugas yang akan bertugas di 667 TPS se-Kabupaten Kotim," ungkap Ketua KPU Kotim Muhammad Rifqi, Jumat (20/9)

Pr.oses pendaftaran anggota KPPS yang dimulai dari 17 hingga 28 September 2024 ini dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di setiap Desa dan Kelurahan. Rifqi mengajak warga yang berminat untuk segera mendaftarkan diri di PPS setempat.

"Pendaftaran ini terbuka untuk umum, dengan syarat minimal berusia 17 tahun. Kami mengimbau warga Kotim yang ingin berkontribusi dalam pemilu untuk segera mendaftarkan diri. Prosesnya cukup sederhana, hanya berupa penelitian administrasi," jelas Rifqi.

Rifqi menambahkan bahwa setelah pendaftaran dibuka, proses penelitian administrasi akan dilakukan pada 18 hingga 29 September. Pengumuman hasil penelitian administrasi dijadwalkan pada 30 September hingga 2 Oktober. Selama periode tersebut, masyarakat juga bisa memberikan tanggapan terhadap calon anggota KPPS hingga 5 Oktober 2024.

"Kami akan menampung tanggapan masyarakat untuk memastikan para calon anggota KPPS adalah orang-orang yang kredibel dan netral dalam menjalankan tugasnya," tambahnya.

Setelah semua tahapan selesai, penetapan dan pelantikan anggota KPPS akan dilakukan pada 7 November 2024, dengan masa tugas mereka mulai dari 7 November hingga 8 Desember 2024.

Melalui rekrutmen ini, KPU Kotim berharap dapat meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokrasi, terutama dalam memastikan pemilu berjalan dengan lancar dan adil. Rifqi menegaskan bahwa peran KPPS sangat penting dalam proses pemungutan suara, karena mereka bertugas langsung di lapangan, melayani masyarakat yang memberikan suaranya pada hari pemilihan.

"Dengan menjadi bagian dari KPPS, warga tidak hanya menjalankan tugas penting dalam pemilu, tetapi juga turut berkontribusi dalam menjaga demokrasi di Kotim," tutup Rifqi. (KLIK-RED)

 

Baca Juga

Ikuti Kami