Home Peristiwa Lahan Gambut di Desa Simpur Terbakar, Diduga Sengaja Dibakar Warga

Lahan Gambut di Desa Simpur Terbakar, Diduga Sengaja Dibakar Warga

  Sugianto   | Senin , 16 September 2024
f10c0ff23d47ee318c16deb52905a6c2.jpg
Kebakaran lahan di Desa Simpur, Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur, diduga sengaja dibakar, Senin (16/9).

KLIK.SAMPIT – Lahan gambut yang berada di wilayah Desa Simpur (Talok Pamedauan Seberang), Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terbakar, Senin (16/9).

Kebakaran lahan ini diduga terjadi karena faktor kesengajaan, yaitu dibakar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Kebakaran ini diduga ada unsur kesengajaan, tetapi kami belum tahu siapa pelakunya," ujar warga setempat, Sabran.

Menurutnya, dengan kondisi cuaca saat ini yang sedang musim kemarau dan rerumputan yang kering, api dengan cepat menjalar di lahan tersebut. Bahkan, api telah menyebar hingga ke daerah pertanian Dusun Pamedauan, Desa Pamalian.

"Pada musim kemarau seperti ini, api dengan cepat meluas. Perkiraannya, kurang lebih ada sekitar satu hektare lahan yang terbakar," jelasnya.

Setelah mengetahui kejadian tersebut, Sabran segera menghubungi tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim untuk meminta bantuan pemadaman.

"Sampai saat ini api masih menyala. Karena itu, kami meminta bantuan pemadam kebakaran," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kotim, Multazam, menanggapi laporan tersebut. Pihaknya memastikan akan berupaya memadamkan api di lahan tersebut.

"Baik, terima kasih atas informasinya. Kami akan melakukan upaya pemadaman. Semoga kebakaran ini tidak meluas," kata Multazam singkat. (KLIK-RED) 

Baca Juga

Ikuti Kami