Home News Politik Petahana Kotim Akan segera Cuti

Petahana Kotim Akan segera Cuti

  Sugianto   | Sabtu , 07 September 2024
7c47fc21446e23a1d566b362c682fd82.jpg
Halikinnor saat beorasi dalam deklarasi Pasangan Calon Gubenur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Nadalsyah-Supian Hadi, belum lama ini.

KLIK.SAMPIT – Petahana pada Pemilihan Kepala Daerah Kotawaringin Timur 2024, Halikinnor dan Irawati (Harati), akan segera cuti dalam beberapa hari ke depan. 
Halikinnor menyatakan bahwa dirinya bersama Irawati, akan segera mengambil cuti mulai tanggal 25 September 2024 mendatang karena kembali mencalonkan diri sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati periode 2024-2029.

"Saya bersama Wakil Bupati Kotim Irawati, akan mulai cuti pada 25 September 2024 untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah. Mohon izin dan doa dari masyarakat," ujar Halikinnor, Jumat (6/9).

Ia menjelaskan bahwa sesuai ketentuan, mereka harus menjalani masa cuti selama dua bulan dan menjadi warga biasa tanpa menggunakan fasilitas negara selama masa kampanye.

"Sesuai ketentuan, saya akan menjalani masa cuti selama dua bulan, menjadi warga biasa tanpa menggunakan fasilitas negara, dan akan kembali tinggal di rumah pribadi," tambahnya.

Selama masa cuti, Gubernur Kalimantan Tengah akan menunjuk Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kotim untuk mengisi kekosongan jabatan. Biasanya, Pjs Bupati berasal dari kalangan pejabat provinsi.

Sebelumnya, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kotim  Muhamad Natsir menegaskan bahwa semua kepala daerah yang akan maju dalam Pilkada harus cuti selama masa kampanye.

"Mengacu pada aturan undang-undang Pilkada, bupati dan wakil bupati harus cuti selama masa kampanye," ungkap Natsir.

Natsir juga menambahkan bahwa cuti ini diatur dalam undang-undang Pilkada dan akan diperjelas dalam peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait kampanye.

"Kalau mengacu pada peraturan KPU tahun 2020 tentang kampanye, bupati dan wakil bupati harus menjalani cuti," tutupnya. (KLIK-RED) 

Baca Juga

Ikuti Kami