Home News Metropolis Kabar Baik, 13 September Rute Penerbangan Sampit-Surabaya Bakal Dibuka Kembali

Kabar Baik, 13 September Rute Penerbangan Sampit-Surabaya Bakal Dibuka Kembali

  Sugianto   | Selasa , 03 September 2024
5d6abd80f2811b12a2ae276f1220ebff.jpg
Suasana Tetminal Bandara H Asan Sampit.

KLIK.SAMPIT - Rute penerbangan Sampit-Surabaya dan sebaliknya bakal dibuka kembali di Bandara H. Asan Sampit, Jumat nanti (13/9). Hal ini penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan mobilitas penduduk di daerah tersebut.

"Kami menyambut baik kerja sama ini. Dengan dibukanya penerbangan Sampit-Surabaya, diharapkan berdampak positif terhadap perekonomian daerah," ucap Bupati Halikinnor.

Hal ini disampaikannya saat Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Habaring Hurung melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding kerja sama dengan NAM Air untuk membuka rute penerbangan tersebut di Aula Rumah Jabatan Bupati Kotim, Senin (12/9).

Diketahui, rute penerbangan Sampit-Surabaya sebelumnya dihentikan sementara karena pesawat yang biasa digunakan untuk rute tersebut sedang dalam pemeliharaan. Saat ini, hanya tersedia satu rute penerbangan di bandara tersebut, yaitu Sampit-Jakarta oleh NAM Air. Halikinnor mengapresiasi rencana ini, menurutnya rute Sampit-Surabaya bakal kembali terisi.

"Dulu, penerbangan rute Sampit-Surabaya menggunakan pesawat ATR. Nantinya, kita pakai Boeing 737-500 yang tentu akan lebih nyaman," ujarnya.

Selain itu, menurutnya, harga tiket Sampit-Surabaya nantinya akan lebih stabil, yaitu dengan kisaran harga Rp1.200.000.

"Biasanya kan harga tiket Rp2.600.000, kini hanya kisaran Rp1.200.000, tentunya ini akan sangat baik buat masyarakat kita," ungkapnya.

Dirinya berharap dengan dibukanya kembali rute Sampit-Surabaya ini, pengembangan Bandara H Asan Sampit dapat segera terlaksana sehingga penerbangan di wilayah itu semakin meningkat.

"Kalau penerbangan kita bagus, itu akan berdampak terhadap perkembangan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," harapnya.

Sementara itu, Direktur Niaga NAM Air Achmad Yani Azwar, menyampaikan pihaknya awalnya berencana menerbangi rute Sampit-Surabaya pulang pergi pada akhir Oktober.

"Namun atas permintaan pemerintah daerah, kami bisa mengupayakan lebih cepat sehingga penerbangan bisa dimulai pada 13 September 2024," ujarnya.

Menurutnya, untuk tahap awal, frekuensi penerbangan Sampit-Surabaya hanya dua kali seminggu, yaitu pada Senin dan Jumat. Selanjutnya, mulai akhir Oktober, frekuensinya akan menjadi empat kali seminggu, yaitu pada Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu. (KLIK-RED) 

Baca Juga

Ikuti Kami