Home News Politik Tantang Petahana, Rudini Akan Gandeng Jhon Krisli Maju Pilkada Kotim

Tantang Petahana, Rudini Akan Gandeng Jhon Krisli Maju Pilkada Kotim

  Sugianto   | Selasa , 27 Agustus 2024
17f53abbf931386b8d66097d6377d5b0.jpg
Pasangan Muhammad Rudini Darwan Ali dan Jhon Krisli

KLIK.SAMPIT– Menjelang masa pendaftaran calon Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) tahun 2024 yang dibuka pada 27 hingga 29 Agustus 2024, bakal calon Muhammad Rudini Darwan Ali dikabarkan akan maju bersama Jhon Krisli untuk menantang petahana Halikinnor-Irawati.

Ketika dikonfirmasi, Sekretaris PAN Kotim, Ayu Pramita, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, Muhammad Rudini Darwan Ali akan berpasangan dengan Jhon Krisli.

"Benar, Bapak Rudini akan berpasangan dengan Jhon Krisli untuk maju Pilkada Kotim. Rencananya kami akan menggelar deklarasi bersama," ucap Ayu.

Diketahui, Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kotim telah menerima secara resmi formulir B1-KWK yang langsung diserahkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Berdasarkan putusan MK, untuk kabupaten dengan jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) 250.000 hingga 500.000 jiwa, partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu harus memperoleh minimal 8,5 persen suara sah di daerah tersebut untuk dapat mengajukan pasangan calon.

Partai-partai yang memiliki perolehan suara di atas 8,5 persen pada Pemilihan Legislatif DPRD Kotim 2024 dapat mengusung pasangan calon sendiri. Salah satunya adalah PAN dengan 11,46 persen suara.

Mengacu pada aturan tersebut, PAN cukup untuk mengusung pasangan calon (paslon) untuk mengikuti Pilkada Kotim tahun 2024. 

Sementara itu, sebelumnya DPP PDI Perjuangan telah resmi mengusung pasangan Halikinnor dan Irawati (Harati), yang dibuktikan dengan penyerahan formulir B1-KWK kepada pasangan petahana Halikinnor dan Irawati sebagai calon bupati dan calon wakil bupati untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) 2024. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami