Home News Politik KPU Kotim Bersiap untuk Pendaftaran Pilkada 2024

KPU Kotim Bersiap untuk Pendaftaran Pilkada 2024

  Sugianto   | Senin , 26 Agustus 2024
9b42dfd9075a9bbdabe85488d9ac3df3.jpg
Ketua KPU Kotim Muhammad Rifqi saat diwawancarai awak media media

KLIK.SAMPIT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) telah mempersiapkan pembukaan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati setempat.

Ketua KPU Kotim, Muhammad Rifqi, mengatakan saat ini pihaknya memfokuskan persiapan pendaftaran bagi calon bupati dan wakil bupati Kotim.

"Kami telah mempersiapkan pendaftaran Pilkada, baik rapat internal maupun komunikasi dengan instansi terkait," ucap Rifqi, Senin (26/8).

Menurutnya, pihaknya telah melakukan pengumuman pendaftaran pasangan calon ini yang disampaikan pada 24-26 Agustus.

"Tahap berikutnya, pendaftaran bakal calon perseorangan maupun partai politik akan dilakukan serentak pada 27-29 Agustus," lanjutnya.

"Pendaftaran selama tanggal 27 dan 28 Agustus akan dibuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Sementara itu, untuk hari terakhir atau tanggal 29 Agustus, pendaftaran akan dimulai pukul 08.00 hingga 23.59 WIB," ujar Rifqi.

Dirinya berharap pada proses pendaftaran nantinya, para bakal calon yang akan mendaftar ke KPU sudah jauh-jauh hari atau paling tidak satu hari sebelumnya sudah berkoordinasi dengan KPU, sehingga akan memudahkan baik dalam proses pendaftaran, pengamanan, dan lain sebagainya.

Selain itu, dia juga mengakui hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan resmi pendaftaran bakal calon. Untuk memfasilitasi proses ini, KPU Kotim telah membuka help desk bagi bakal calon dan timnya untuk melakukan konsultasi terkait persyaratan pencalonan maupun syarat calon.

"Namun, sejauh ini yang resmi melapor kepada kami atas nama bakal calon belum ada, hanya ada beberapa partai yang sudah menanyakan terkait dengan persyaratan pencalonan maupun syarat calon," tandas Rifqi.(KLIK-RED) 

Editorial :
Usay Nor Rahmad

Baca Juga

Ikuti Kami