Home News Politik Kantongi Rekomendasi PAN, Rudini Siap Berkontestasi pada Pilkada Kotim

Kantongi Rekomendasi PAN, Rudini Siap Berkontestasi pada Pilkada Kotim

  Sugianto   | Senin , 26 Agustus 2024
b16512ab72f2d5a7a249f85067b2cdd6.jpg
Ketua DPP PAN Zulkipli Hasan menyerahkan formulir B1-KWK kepada Rudini, sebagai bakal calon bupati dalam Pilkada Kotim 2024, Senin (26/8).

KLIK.SAMPIT - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) menyerahkan formulir B1-KWK kepada Muhammad Rudini Darwan Ali. Artinya, Rudini telah mendaoat rekomendasi dan didukung penuh sebagai calon bupati untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) 2024.

Sekretaris Dewan Pengurus Daerah (DPD) PAN, Ayu Pramita, membenarkan rekomendasi tersebut. Menurutnya, Muhammad Rudini secara resmi mendapatkan rekomendasi dari PAN dengan diserahkannya formulir B1-KWK oleh Ketua DPP PAN Zulkipli Hasan. 

"Benar, PAN mengusung Bapak Rudini untuk maju sebagai calon Bupati Kotim," ucap Ayu, Senin malam (26/8).

Diketahui, berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengubah ambang batas pencalonan kepala daerah, kini partai politik dapat mengusung pasangan calon (paslon) Pilkada 2024 secara mandiri.

Berdasarkan putusan MK, untuk kabupaten dengan jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) antara 250.000 hingga 500.000 jiwa, partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu harus memperoleh minimal 8,5 persen suara sah di daerah tersebut untuk dapat mengajukan pasangan calon.

Partai-partai yang memiliki perolehan suara di atas 8,5 persen pada Pemilihan Legislatif DPRD Kotim 2024 dapat mengusung pasangan calon sendiri. Salah satu partai tersebut adalah PAN, yang meraih 11,46 persen suara.

Menurut Ayu, dengan rekomendasi yang telah diperoleh, PAN siap mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat dan berkompetisi dalam Pilkada Kotim 2024.

"Saat ini kami masih dalam  persiapan pendaftaran. Insya Allah, tanggal 29 Agustus 2024, kami akan mendaftar di KPU. Mohon doanya dari masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur," ujar Ayu. (KLIK-RED) 

Baca Juga

Ikuti Kami