Home News Politik Perebutan Tiket Pilkada Kotim Kian Sengit, Rekomendasi Empat Parpol ini Masih Jadi Misteri

Perebutan Tiket Pilkada Kotim Kian Sengit, Rekomendasi Empat Parpol ini Masih Jadi Misteri

  Sugianto   | Minggu , 25 Agustus 2024
8d0d93c5e02ff975ca9cb26015c1cdbb.jpg
Ilustrasi penyerahan rekomendasi. (Microsoft AI)

rekomendasi bagi pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kian sengit. Pasalnya, masih ada empat partai yang belum mengeluarkan rekomendasi tersebut secara resmi.

Adapun rekomendasi yang belum dikeluarkan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai politik sebagai persiapan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat ini, yakni dari PDI Perjuangan, PAN, Gerindra, dan Golkar.

"Kalau PDI Perjuangan sepertinya menyesuaikan dengan batas waktu dari KPU, biasanya antara 26-28 Agustus. Yang jelas, belum diumumkan," ujar Sekretaris PDI Perjuangan Kotim Alexius, Minggu (25/8).

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Sekretaris PAN Kotim, Ayu Pramita, mengatakan rekomendasi akan keluar setelah Kongres PAN.

"Kalau PAN, insya Allah rekomendasi dikeluarkan perkiraan setelah Kongres (23/8-24/8) ini," ucap Ayu Pramita.

Diketahui, Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar kongres partai di Hotel Indonesia (HI), Jakarta, pada 23-24 Agustus 2024. Kongres merupakan forum musyawarah tertinggi di partai berlambang matahari putih tersebut. Ayu juga menyatakan bahwa saat ini pihaknya masih fokus pada pelaksanaan kongres tersebut.

"Kita lihat nantinya siapa nama yang akan keluar," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Golkar Kotim, Joni Abdi, memastikan bahwa pihaknya akan mengeluarkan rekomendasi secara resmi usai pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) DPP Golkar, yang digelar pada 20-21 Agustus di Jakarta.

"Untuk rekomendasi, insya Allah setelah pelaksanaan Munas Partai Golkar selesai. Kita menunggu hasil ketua umum yang baru. Yang jelas, akan diumumkan sebelum pendaftaran ke KPU," ucap Abdi.

Di sisi lain, Ketua Gerindra Kotim, Juliansyah, menyebutkan bahwa rekomendasi tersebut saat ini masih dalam proses di DPP.

"Belum diurus di DPP Gerindra. Yang jelas, rekomendasi ini akan keluar sebelum pendaftaran ke KPU," ungkapnya singkat.

Sebelumnya, pasangan Halikin dan Supriati Rambat telah resmi mengantongi rekomendasi dari Partai Nasdem, PKB, dan Demokrat. Sementara pasangan Sanidin dan Siyono telah mengantongi rekomendasi dari PKS dan kemungkinan besar juga akan mendapatkan rekomendasi dari Golkar dan Gerindra.

Masyarakat Kotim kini masih menantikan pengumuman resmi rekomendasi dari beberapa partai yang belum mengeluarkannya. (KLIK-RED) 

Baca Juga

Ikuti Kami