Home News Metropolis Kabar Baik, Bandara H Asan Sampit Akan Buka Kembali Rute Penerbangan Sampit-Surabaya

Kabar Baik, Bandara H Asan Sampit Akan Buka Kembali Rute Penerbangan Sampit-Surabaya

  Sugianto   | Minggu , 18 Agustus 2024
fec46b699ede2a4065f42488f7eaf4af.jpg
Suasana Terminal Bandara H Asan Sampit

KLIK. SAMPIT - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kotawaringin Timur Rody Kamislam menyampaikan, rute penerbangan Sampit-Surabaya akan segera dibuka kembali pada awal September 2024 oleh maskapai NAM Air.

"Sudah ada pembahasan teknisnya, tinggal menunggu penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) saja. Mudah-mudahan awal September ini bisa dibuka kembali," ujar Rody, Sabtu (17/8).

Diketahui, rute penerbangan Sampit-Surabaya sebelumnya dihentikan sementara karena pesawat yang biasa digunakan untuk rute tersebut sedang dalam pemeliharaan. Saat ini, hanya tersedia satu rute penerbangan di bandara tersebut, yakni Sampit-Jakarta oleh NAM Air.

Rody menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya agar rute Sampit-Surabaya dapat dibuka kembali, mulai dari meminta Wings Air, anak perusahaan Lion Air Group, untuk mencari pesawat pengganti, hingga membujuk NAM Air agar membuka rute tersebut.

Rencananya, pesawat yang akan melayani rute Sampit-Surabaya adalah Boeing 737-500 winglet dengan konfigurasi 120 kursi, yang terdiri dari delapan kursi kelas bisnis dan 112 kursi kelas ekonomi. Saat ini, proses perizinan sudah sampai ke tingkat Kementerian Perhubungan.

"Surat izin dari Dirjen Perhubungan Udara saat ini masih dalam proses. Kami berharap izin tersebut segera keluar, karena untuk membuka rute penerbangan baru harus berdasarkan izin dari Direktur Jenderal Perhubungan Udara," jelasnya.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor, dan Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Maria Indah Kristi, di Jakarta pada Senin (10/6) lalu. Pengembangan Bandara Haji Asan Sampit sangat penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan mobilitas penduduk. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami