Home News Olahraga Tujuh Atlet PWI Kotim Siap Bertanding dalam Porwanas XIV di Banjarmasin

Tujuh Atlet PWI Kotim Siap Bertanding dalam Porwanas XIV di Banjarmasin

  Desi Wulandari   | Sabtu , 17 Agustus 2024
0f41959aac9aef8375fc5964e66bd964.jpg
Atlet PWI Kotim saat pelepasan oleh Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, untuk mengikuti Porwanas XIV di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

KLIK. SAMPIT – Tujuh atlet Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) siap mengikuti Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Mereka akab berlaga di berbagai cabang olahraga selama enam hari ke depan 20-25 Agustus 2024.

Ketujuh atlet anggota PWI Kotim tersebut merupakan atlet yang berhasil meraih juara pada ajang Pekan Olahraga Wartawan Daerah (Porwada) di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah pada November 2023 lalu. Atas prestasi yang membanggakan ini, ketujuh atlet PWI Kotim akan bergabung dengan Kontingen PWI Kalteng mengikuti Porwanas 2024.

Ketujuh atlet tersebut adalah Norjani, Wartawan Senior Media LKBN Antara yang mengikuti cabang olahraga (cabor) karya jurnalistik; Ruslan Abdul Gani, Wartawan Senior yang mengikuti cabor catur; dan Andri Rizky Agustian, Wartawan Senior yang mengikuti cabor biliar.

Selanjutnya, Muhammad Hamim, Wartawan Media Borneo News, dan Ibrahim, Wartawan Media Berita Sampit, akan mengikuti cabor futsal. Sedangkan Nafiri Rakhmatullah, Wartawan RRI, dan Dody Rafliansyah, Wartawan Media Mata Kalteng, akan mengikuti cabor tenis meja.

Ketua PWI Kotim, Siti Fauziah, merasa bangga karena ada tujuh anggota PWI Kotim yang berprestasi dan menunjukkan bakatnya di bidang olahraga serta mewakili PWI Kotim bergabung dalam kontingen PWI Kalteng untuk mengikuti Porwanas 2024.

“Sebenarnya ada sembilan atlet yang menunjukkan prestasinya pada Porwada Kalteng tahun lalu, namun dua nama ini belum memenuhi kriteria standar usia minimal, sehingga tidak dapat diikutsertakan,” kata Siti Fauziah pada Jumat (16/8).

Ketujuh atlet anggota PWI Kotim yang berprestasi ini menandakan bahwa wartawan tidak hanya pandai menulis berita, tetapi juga memiliki bakat di bidang olahraga.

“Saya berharap ini bisa memotivasi anggota PWI Kotim lainnya untuk lebih giat lagi berlatih olahraga. Karena pekerjaan sebagai wartawan juga memerlukan fisik yang sehat dan prima. Kapan perlu, wartawan yang mewakili PWI Kotim mengikuti Porwanas juga bisa melatih kemampuannya untuk mengikuti ajang pertandingan apapun, seperti Porprov hingga PON dan ajang pertandingan olahraga lainnya,” tambahnya.

Siti beserta pengurus PWI Kotim juga telah melaksanakan rapat persiapan untuk mengikuti Porwanas 2024.

“Ketujuh atlet PWI Kotim rencananya akan diberangkatkan pada Minggu, 18 Agustus 2024 menuju Kota Palangka Raya dan selanjutnya berangkat bersama dengan kontingen PWI Kalteng,” ujarnya.

Pembukaan Porwanas XIV akan dihadiri oleh kurang lebih 4.000 orang perwakilan atlet PWI dari seluruh Indonesia dan akan dilaksanakan pada Selasa (20/8) sekitar pukul 09.00 WITA di Gelora Paman Birin Banjarbaru.

Ketua Seksi Wartawan Olahraga PWI Kotim, Desi Wulandari, mengatakan bahwa akan ada 12 cabor yang dipertandingkan, yaitu cabor karya jurnalistik dengan mengangkat tema Geopark Meratus yang telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional Indonesia pada 2018 dan kini dalam penilaian menjadi UNESCO Global Geopark.

Pada hari pembukaan Porwanas XIV, Selasa (20/8) siang, juga akan ada kegiatan visit rekor MURI sasirangan terpanjang (Great Carnival Geopark Meratus) di Kantor Setda Provinsi Kalsel.

Di bidang olahraga, ada cabor tenis meja yang akan dipertandingkan pada 21-25 Agustus 2024 di GOR Kompetem, Jalan Gatot Subroto, Banjarmasin Timur.

E-sport akan dipertandingkan pada 21-24 Agustus 2024 di Hypermart Hall Jalan Jenderal Ahmad Yani KM 6, cabor atletik akan dipertandingkan pada 22 Agustus 2024 di Stadion Lambung Mangkurat.

Cabor tenis akan dipertandingkan pada 21-24 Agustus 2024 di Lapangan Tenis Dharma Praja, Banjarmasin Timur, dan cabor futsal akan dipertandingkan pada 21-24 Agustus 2024 di GOR Borneo Banjarmasin.

Cabor catur akan dipertandingkan pada 21-24 Agustus 2024 di Gedung Dekranasda Kalsel, cabor balogo akan dipertandingkan pada 21-23 Agustus 2024 di Lapangan Basket GOR Hasanuddin, Banjarmasin Tengah.

Cabor bulu tangkis akan dipertandingkan pada 21-25 Agustus 2024 di Hippindo Badminton Hall, Banjarmasin Tengah. Cabor biliar akan dipertandingkan pada 21-24 Agustus 2024 di Master Billiard Sultan Adam, Banjarmasin Utara. Cabor domino akan dipertandingkan pada 22-25 Agustus 2024 di Aula Pramuka. Cabor bridge akan dipertandingkan pada 21-23 Agustus 2024 di Gedung Kwarda Pramuka Kalsel.

Cabor karya jurnalistik akan dipertandingkan pada 20-25 Agustus 2024 di halaman Setda Provinsi Kalsel dan Desa Belangian, Aranio, Kabupaten Banjar.

Kegiatan Porwanas 2024 juga akan dimeriahkan dengan karaoke pada 22 Agustus 2024 di Booze Karaoke dan Cafe, Veteran, Banjarmasin.

Adapun kegiatan memasak bersama Fiesta akan dilaksanakan pada 23 Agustus 2024 di Teras Mahligai Pancasila, Banjarmasin, dan rekreasi pada Sabtu, 24 Agustus 2024 ke Banjarbaru dan Pasar Martapura, dengan acara penutupan pada Minggu (25/8) malam di Mahligai Pancasila.

“Atlet PWI Kotim hanya mengikuti lima cabor dari 12 cabor yang diadakan. Persiapan atlet sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu dengan melakukan latihan rutin. Kami berharap dengan rutinnya latihan olahraga, ketujuh atlet ini dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya dan bisa meraih juara dalam ajang Porwanas XIV,” pungkasnya. (KLIK-RED) 

Baca Juga

Ikuti Kami