Home Peristiwa Pengidap Penyakit ISPA di Kotim Meningkat

Pengidap Penyakit ISPA di Kotim Meningkat

  Sugianto   | Jumat , 16 Agustus 2024
f13145c6ac2ed22b7106977f5a7ad30e.jpg
Ilustrasi peningkatan pengidap infeksi saluran pernapasan. (Microsoft bing)

KLIK.SAMPIT - Pengidap penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Kotawaringin Timur dilaporkan mengalami peningkatan. Dinas Kesehatan setempat menyebutkan bahwa fenomena ini dipicu oleh faktor cuaca.

"Akibat faktor cuaca saat ini, tren penyakit ISPA seperti batuk dan influenza memang mengalami peningkatan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kotim, Umar Kaderi, Jumat (16/8).

Pihaknya telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat Kotim untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker saat berada di luar rumah, dan sebisa mungkin mengurangi aktivitas di luar ruangan. Selain itu, masyarakat diimbau untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur, beristirahat yang cukup, serta menghindari atau mengurangi konsumsi makanan berlemak dan pedas.

"Olahraga atau aktivitas fisik juga dianjurkan sesuai dengan kondisi tubuh, serta penggunaan kacamata pelindung dan masker saat beraktivitas di luar rumah," imbau Umar.

Diketahui bahwa berdasarkan grafik data perbandingan tren penyakit ISPA pada Minggu ke-29 hingga Minggu ke-32 tahun 2023 dan 2024, tren pada tahun ini menunjukkan jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pada tahun ini, jumlah kasus penyakit ISPA berada di kisaran 650–800 kasus. Sementara itu, pada tahun lalu, jumlah kasus ISPA hanya berkisar antara 400–450 kasus. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami