Home DPRD Kotawaringin Timur Siapa yang Layak Menjadi Pimpinan DPRD Kotim?

Siapa yang Layak Menjadi Pimpinan DPRD Kotim?

  Sugianto   | Jumat , 16 Agustus 2024
8f396d1481a1daa781d6296887a3a470.jpg
Anggota DPRD Kotim Periode 2024-2029 usai pelantikan

KLIK.SAMPIT - Pengamat Politik di Kabupaten Kotawaringin Timur Wira Prakasa Nurdia menyebut sejumlah kader PDI Perjuangan disebut-sebut bakal masuk bursa perebutan kursi pimpinan DPRD Kotim periode 2024-2029. Namun dari nama-nama tersebut siapakah yang layak menakhodai lembaga legislatif tersebut.

Adapun nama-nama yang berpotensi di antaranya yakni Parimus, Rinie, Rimbun, Modika Latifah Munawarah, Angga Aditya Nugraha, dan Paliansyah.

Semuanya dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Sebab dari perolehan suara hasil rekapitulasi Pemilu 2024, PDI Perjuangan mendapatkan jatah 10 kursi dan dinyatakan sebagai partai yang unggul dibandingkan dengan partai lain.

"Untuk menduduki Ketua DPRD Kotim, syaratnya itu adalah partai pemenang. Jika mengacu pada perolehan kursi, tentu PDIP yang akan memimpin DPRD Kotim," ucap Wira, Jumat (16/8).

Lanjutnya, pengangkatan pimpinan DPRD ini bergantung pada kesepakatan internal partai dan mekanisme yang diatur dalam undang-undang serta peraturan yang berlaku. Misalnya, partai pemenang berhak mengajukan ketua DPRD, sementara partai-partai lain yang juga memperoleh kursi biasanya mendapatkan posisi wakil ketua.

"Sosok yang akan mengisi kursi Ketua DPRD adalah wewenang dari DPP PDI Perjuangan," lanjutnya.

Menurut Wira, seorang Ketua DPRD idealnya memiliki integritas tinggi, kepemimpinan kuat, serta pengalaman politik yang luas. Selain itu, ia juga harus mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan baik, memiliki pemahaman mendalam tentang isu-isu di Kotim, dan bersikap terbuka serta transparan dalam pengambilan keputusan.

Selain itu, Ketua DPRD juga harus peduli pada kesejahteraan rakyat dan memastikan kebijakan yang diambil berorientasi pada kepentingan masyarakat luas.

"Nah, prediksi saya yang akan mengisi kursi pimpinan DPRD Kotim nantinya tentu adalah orang yang memiliki hal-hal seperti ini," tandas Wira (KLIK.RED).

Baca Juga

Ikuti Kami