Home DPRD Kotawaringin Timur Waspadai Sejumlah Potensi Penyakit Peralihan Musim

Waspadai Sejumlah Potensi Penyakit Peralihan Musim

  Sugianto   | Selasa , 13 Agustus 2024
fce26e0d3dd26b61324f585f29920998.jpg
Ilustrasi peralihan musim. (Microsoft AI)

KLIK.SAMPIT- Memasuki musim pancaroba atau musim peralihan, masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur diminta agar mewaspadai sejumlah potensi penyakit. 

"Memasuki musim kemarau biasanya terdapat beberapa penyakit yang perlu diwaspadai," ucap Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kotim Rinie Anderson, Selasa (13/8).

Adapun diketahui sejumlah penyakit yang harus diwaspadai pada musim peralihan ini terdiri dari penyakit diare, influenza, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Apalagi, kata dia, belakangan ini cuaca di sejumlah wilayah Kotim sering berubah dari panas di siang hari dan kadang saat malam berpotensi hujan dengan intensitas sedang.

Sehingga peralihan dari musim hujan ke musim kemarau membuat kondisi suhu pun berubah. Dengan adanya peralihan musim ini masyarakat diminta agar lebih meningkatkan kewaspadaan yang lebih.

"Tentunya patut kita waspadai terhadap beberapa penyakit yang bisa saja menyerang kita," ujar Rinie.

Selain itu, ia juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten setempat untuk bisa lebih peka terhadap berbagai potensi penyakit yang bisa menyerang saat peralihan musim seperti ini.

"Pemerintah dan masyarakat harus bisa lebih waspada terhadap potensi penyakit yang menyerang saat memasuki musim pancaroba atau peralihan musim kemarau ke musim hujan," tandas Rinie. (KLIK-RED) 

Baca Juga

Ikuti Kami