Home Peristiwa Kebakaran Lahan di Desa Sungai Paring Dinilai Cukup Parah

Kebakaran Lahan di Desa Sungai Paring Dinilai Cukup Parah

  Sugianto   | Selasa , 06 Agustus 2024
282d4f22c4bc8eba4dc42ca30a9855c0.jpg
Petugas saat berupaya memadamkan kebakaran lahan di Sungai Paring, Kecamatan Cempaga, Senin (5/8).

KLIK.SAMPIT- Kebakaran lahan yang terjadi di Desa Sungai Paring, Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur, Senin (5/8), dinilai cukup parah. 

"Kami tidak menyangka bahwa Karhutla yang terjadi di Sungai Paring cukup besar," ucap Multazam.

Menurutnya, terjadinya karhutla ini cukup besar karena potensi vegetasi dibwilayah tersebut yakni semak belukar dan kondisi pada saat pihaknya melakukan pengecekan langsung itu wilayahnya mengalami kekeringan. Serta, angin cukup kencang sehingga saat pihaknya melakukan operasi kebakaran lahan tersebut cepat meluas.

Adapun menurut Multazam saat pihaknya melakukan monitoring dan pengecekan langsung, berdasarkan laporan itu karhutla ini terjadi sebanyak 2 hektare.

"Tadi itu, Kita memang sudah lokalisir api ini luntuk zona 1 kurang lebih 2 hektare. tetapi sembari kita memadamkan itu terjadi perluasan atau size up atas kebakaran yang terjadi," terangnya.

Selain itu kondisi dilokasi melakukan operasi tidak tersedia cukup air dan lokasi juga tidak bisa dicapai oleh kendaraan roda 6 untuk menyuplai air.

"Saat operasi ini kami dibantu masyarakat setempat untuk melakukan pemadaman dengan menggunakan pompa-pompa portable dengan jarak antara 200-300 meter dari sumber air," terangnya.

Dirinya berharap personel dilapangan dapat bisa melokalisir dan memblokir api untuk mengamankan sejumlah objek vital seperti tiang sutet dan pihak PLN juga ikut membantu pemadaman ini. (KLIK-RED) 

Baca Juga

Ikuti Kami