Home News Metropolis BMKG :  Bulan Agustus ini Berpotensi Lebih Basah

BMKG :  Bulan Agustus ini Berpotensi Lebih Basah

  Sugianto   | Minggu , 04 Agustus 2024
3c3132a7793ff361f2026eee671e12a5.jpg
Dua muda-mudi sedang bermain embun di kaca sambil menanti hujan reda.

KLIK.SAMPIT- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ssasiun Meteorologi H Asan Sampit menyebutkan pada bulan Agustus sejumlah wilayah di Kabupaten Kotawaringin Timur berpotensi diguyur hujan atau lebih basah dari beberapa bulan sebelumnya. 

"Pada bulan Agustus diprediksi akan sedikit lebih basah pada umumnya untuk wilayah Indonesia termasuk wilayah Kotim," ucap prakirawan BMKG Stamet H Asan Sampit Alfa Centauri saat dikonfirmasi, Minggu (4/8).

Menurutnya, berdasarkan perbaruaan  terakhir dari dinamika atmosfir pada tgl 23 Juli 2024, Enso berada pada fase netral dan diprediksi bergerak menuju La Nina lemah dimulai dari bulan Agustus. 

"Pada bulan Agustus Enso ini diprediksi bergerak menuju La Nina lemah," ujarnya.

Dirinya menerangkan, Enso merupakan salah satu fenomena yang digunakan untuk memprediksi apakah wilayah Indonesia mengalami musim kemarau kering atau basah. Jika Enso bergerak menuju El Nino maka diprediksi Indonesia berpotensi kemarau kering dan jika bergerak menuju La Nina maka diprediksi berpotensi kemarau basah. 

"Nah, berdasarkan data terakhir yang kami terima dimana menunjukkan pergerakan Enso diprakirakan menuju La Nina lemah maka kemungkinan akan memicu hujan di bulan Agustus," terangnya.

Adapun diketahui di Kotim sendiri cuaca saat ini, dalam sepekan ini memang kerap terjadi hujan dengan intensitas hujan rendah hingga sedang di sejumlah wilayah.

Pihak BMKG mengimbau, agar masyarakat tetap waspada dengan potensi angin kencang dan hujan lokal dengan durasi singkat. (KLIK-RED) 

Baca Juga

Ikuti Kami