Home News Metropolis Sekda Kotim Ingatkan ASN Tak Terlibat Politik Praktis

Sekda Kotim Ingatkan ASN Tak Terlibat Politik Praktis

  Sugianto   | Jumat , 02 Agustus 2024
9fd24d96f14be6eef076aba637ad782f.jpg
Sekda Kotim Fajrurrahman saat diwawancara.

KLIK.SAMPIT- Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Fajrurrahman meminta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah ini untuk bersikap netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

"Seluruh ASN harus netral, jangan sampai terlibat politik," ucap Fajrur, Rabu (31/8). 

Dia menilai seorang ASN rawan akan tidakan politik praktis, maka dari itu dia menekankan ASN dituntut harus netral dan harus bebas dari segala bentuk pengaruh manapun serta tidak memihak kepada kepentingan siapapun.

"ASN ini adalah pengayom masyarakat, ASN tidak boleh berpolitik praktis. Meski mempunyai hak pilih dalam pesta demokrasi, ASN tetap harus berpegang teguh terhadap ketentuan yang mengatur netralitas ASN ini," ujarnya.

Diketahui bahwa tahun 2024 ini merupakan tahun politik dimana pesta demokrasi diselenggarakan melalui Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024 mendatang, Pilkada ini merupakan pilkada serentak yang pertama kali dilaksanakan.

"Pemilu tahun ini merupakan bagian dari sejarah panjang demokrasi Indonesia, Pemilu tahun ini merupakan Pemilu ketiga belas yang telah diselenggarakan sejak Indonesia merdeka," ucapnya.

Lanjutnya, pemerintahan harus tetap berjalan dengan baik, siapapun yang nantinya terpilih menjadi kepala daerah, itu adalah hasil dari pilihan masyarakat. Jangan sampai perbedaan pilihan dalam politik menimbulkan perpecahan.

Oleh karena itu netralitas ASN perlu dijaga, kerjasama antara semua pihak termasuk stakeholder tentunya sangat diperlukan demi menciptakan kondisi aman dan nyaman sebelum dan sesudah Pilkada Serentak 2024.

"Saya mengajak kepada semua pihak untuk ikut serta menyukseskan Pilkada 2024 ini. Mari kita jaga ketertiban sehingga situasi selalu kondusif. Siapapun yang terpilih nantinya, semoga dapat membawa Kotim menjadi lebih baik lagi," tandas Fajrurrahman. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami