Home Pemerintah Kotawaringin Timur Target Belanja APBD Kotim Triwulan II 2024 Belum Tercapai

Target Belanja APBD Kotim Triwulan II 2024 Belum Tercapai

  Sugianto   | Senin , 29 Juli 2024
bf5ad844708e1cc99a6578e4a50f60de.jpg
Sekda Kotim Fajrurrahman saat diwawancara awak media, Senin (29/7).

KLIK.SAMPIT - Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Fajrurrahman membeberkan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pada triwulan II tahun 2024 tidak mencapai target. 

"Ada beberapa realisasi pendapatan yang masih kecil hanya 21 persen. Ini nanti akan kami evaluasi apa masalahnya dan bagaimana langkah-langkah selanjutnya," ucap Fajrur saat diwawancara, Senin (29/7).

Dirinya menegaskan, pihaknya akan berkomitmen untuk mencapai target belanja pada APBD tersebut. menurutnya saat ini realisasi belanja fisik dan keuangan telah mencapai angka di atas 50 persen dari pagu yang telah ditetapkan. 

Ia juga menegaskam pentingnya evaluasi dalam menyesuaikan program dan kegiatan untuk mencapai target yang ditetapkan. 

"Pada Agustus 2024 kita memasuki tahapan perubahan APBD, diharapkan kepala perangkat daerah lebih teliti dan cermat dalam menentukan program dan kegiatan yang dapat dilaksanakan dan disesuaikan," ujarnya.

Adapun data terbaru per Juni 2024 menunjukkan realisasi pendapatan Kabupaten Kotim mencapai 40,15 persen dari pagu yang telah ditetapkan, sementara realisasi belanja mencapai 31,41 persen secara keuangan dan 38,52 persen secara fisik. 

Hal tersebut menunjukkan perlunya evaluasi mendalam terhadap kinerja perangkat daerah dan kecamatan untuk mengoptimalkan capaian target ke depannya. Dirinya berharap ke depannya dapat mencapai sesuai target yang ditetapkan. 

"Saya berharap para kepala perangkat daerah lebih teliti dan cermat dalam menentukan program dan kegiatan yang dapat dilaksanakan atau disesuaikan agar dapat tercapai sesuai dengan target yang ditetapkan. Serta segera menyelesaikan penyusunan perubahan RPJMD 2024," tandas Fajrurahman. (KLIK-RED) 

Baca Juga

Ikuti Kami