Home Peristiwa Pembakaran Lahan di Kotim Tak Terhindarkan, Bumi Raya dan Bumi Ayu Mulai Menyala

Pembakaran Lahan di Kotim Tak Terhindarkan, Bumi Raya dan Bumi Ayu Mulai Menyala

  Muhamad Oktavianto   | Jumat , 26 Juli 2024
48414bafc7459282f65437d3aaa78232.jpg
Petugas memadamkan api di areal lahan kosong di Jalan Bumi Raya 2, Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Jumat (27/7).

KLIK.SAMPIT - Dugaan pembakaran lahan oleh oknum masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur tampaknya tak terhindarkan lagi. Upaya untuk meniadakan atau membuat nihil kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau kali ini gagal. 

Salah satu buktinya, sebuah lahan kosong dengan luas area sekitar 6 x10 meter persegi terbakar di Jalan Bumi Raya 2, Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Jumat siang (26/7).

Parahnya, kebakaran lahan kosong tersebut berada tepat di samping rumah milik warga. Kebakaran lahan ini diduga sengaja dibakar oleh oknum warga.

"Saya lihat kejadian ini saya menduga kalau kebakran tersebut sengaja dilakukan seseorang," ungkap Setiawan, warga sekitar. 

Dirinya sangat menyayangkan adanya pembakaran lahan kosong yang tepat berada di samping permukiman mereka. 

"Saya sangat menyangkan dengan kejadian yang dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab ini, karena lahan yang dibakar itu tepat berada di samping rumah warga," katanya.

Kemudian, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan Kotim Wim Reinhard Kaluwa Berung mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan kebakaran lahan kosong tersebut terjadi pada sekitar pukul 9.00 pagi ini.

"Kami mendapatkan laporan pagi ini sekitar pukul 9.00 dan dari laporan tersebut anggota kami yang sedang berjaga langsung mendatangi lokasi," ucapnya.

Pada saat tiba di lokasi kebakaran lahan, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah juga telah tiba di lokasi lebih dahulu sehingga petugas pemadam kebakaran dengan cepat berhasil memadamkan api.

Selain di Bumi Raya 2, kebakaran lahan juga terjadi di Jalan Bumi Ayu Barat, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Jumat siang (26/7). Sebidang lahan kosong di tepi jalan terbakar. Lokasi yang terbakar juga berdekatan dengan permukiman warga. Pun demikian dengan penyebabnya diduga dibakar. Kendati demikian belum ada pembenaran dari pihak terkait akan kesengajaan tersebut. Kebakaran lahan dapat segera padam setelah armada pemadam kebakaran datang ke lokasi.(KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami