Home News Metropolis Dishub Kotim Pastikan Penerbangan Sampit-Surabaya Kembali Beroperasi

Dishub Kotim Pastikan Penerbangan Sampit-Surabaya Kembali Beroperasi

  Sugianto   | Kamis , 25 Juli 2024
20e367c0cdb912a316802fd713d32564.jpg
Penerbangan di Bandara H Asan Sampit.

KLIK.SAMPIT- Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Timur Rody Kamislam memastikan penerbangan rute Sampit-Surabayadi Bandara H Asan akan kembali beroperasi usai menjalani perawatan.

"Penerbangan rute Sampit-Surabaya di Bandara H Asan akan kembali beroperasi usai menjalani perawatan," ucap Rody, Rabu (24/7). 

Menurutnya, saat ini jenis Pesawat Wings Air masih pemeliharaan, statusnya masih cancel penerbangan sejak beberapa hari lalu. Begitu juga, pesawat Nam Air juga melakukan perawatan dan baru kembali beroperasi secepatnya.

"Kami juga minta kepada maskapai untuk menyediakan pesawat lain untuk melayani penerbangan dan bersurat ke maskapai lain bisa membuka rute Sampit- Surabaya," ujarnya.

Selama ini pihaknya berupaya bekerja sama dengan Kementerian melakukan perluasan landasan pacu Bandara H Asan Sampit agar pesawat lebih besar dapat mendarat dan menarik maskapai membuka rute baru di Sampit.

Pihaknya memaklumi pemberhentian sementara karena pesawat sedang menjalani perawatan dan tentunya merupakan hal penting agar memastikan keselamatan dan keamanan penumpang.

"Untuk perawatan memang sudah SOP maskapai sehingga tidak bisa memaksakan untuk beroperasi, demi keamanan dan keselamatan penumpang," ungkapnya. 

Selain itu, menurutnya pihaknya mendorong maskapai Nam AIR menerbangi rute Sampit-Surabaya untuk kedatangan dan keberangkatan di Bandara H Asan Sampit.

Rody menjelaskan, pihak maskapai menyambut keinginan pemerintah daerah dan bersedia mengupayakan agar masyarakat yang ingin melakukan penerbangan rute Sampit-Surabaya PP dapat terlayani.

Kendati demikian, rute tersebut tidak serta merta langsung dibuka, sejumlah tahapan harus dilakukan maskapai di antaranya mengurus jadwal dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dan pengajuan slot time penerbangan di Bandara H Asan Sampit.

"Kita menginginkan secepatnya membuka penerbangan rute tersebut agar masyarakat kita dapat terlayani dengan baik," tandas Rody.

Adapun sebelumnya, Penerbangan Bandara H Asan Sampit mendapat sorotan sana sini dari semua kalangan masyarakat. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Timur M Kurniawan Anwar, meminta Pemerintah Kabupaten setempat agar memiliki terobosan dan langkah konkret Terhadap Kemunduran Bandara H Asan Sampit.

"Minimnya penerbangan dari bandara Haji Asan Sampit tentu perlu di tanggapi serius oleh pihak Pemkab Kotim dan harus ada langkah-langkah kongkrit," ucapnya, Senin (22/7).

Menurutnya, kemunduran Bandara ini, pihak Pemkab Kotim harus melakukan hal-hal yang valid dan lebih nyata. Pasalnya, Bandara sudah menjadi jendela daerah dari masyarakat hingga kalangan pengusaha apalagi higga tidak beroperasi.

"Kami sangat menyayangkan kejadian ini. Tentu ini tantangan serius bagi Pemkab. Kami dari komisi IV mempertanyakan keseriusan terkait adanya kemunduran penerbangan di kotim ini," ujarnya.

Lanjutnya, Maskapai tidak perlu khawatir terkait penumpang, karena penumpang dari kotim sangat besar.

"Penumpang pun butuh kepastian terbang, jangan sampai sudah jadwal terbang tapi batal," ungkap M Kurniawan (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami