Home News Metropolis Masyarakat Kotim Diingatkan Enggak Usah Coba-Coba Kecubung

Masyarakat Kotim Diingatkan Enggak Usah Coba-Coba Kecubung

  Sugianto   | Sabtu , 20 Juli 2024
4b37dda6a64441f14124e8cb279d07bb.jpg
Kepala Dinas Kotim Umar Kaderi.

KLIK.SAMPIT- Masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur, diingatkan agar tak coba-coba mengonsumi kecubung. Pasalnya berbahaya bagi kesehatan hingga berdampak kematian. 

Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur Umar Kaderi menyampaikan, pihaknya belum menemukan kasus tersebut di Kotim. Namun ia mengingatkan agar tak ada korban di daerah itu. 

"Ini kalau kita melihat di media sosial memang ada beberapa daerah yang mengalami mabuk. Informasinya mengonsumsi buah kecubung," ucap Umar, Sabtu (20/7).

Selain itu sambung Umar,  pihaknya juga belum mengetahui buah jenis seperti apa yang dapat memabukan ini dan saat ini dirinya menyebut, pihaknya masih menelusuri apakah ini benar-benar buah kecubung atau bukan. Dan atau ada indikasi lain kenapa diviralkan. 

"Kita belum tahu itu. Apakah buah kecubung ini adalah bahan dasar yang dibuat untuk bahan dasar obat-obatan yang sifatnya memabukan. Kita belum tahu itu," terangnya.

Dirinya mengimbau masyarakat untuk tidak mengonsumsi macam jenis obat-obatan terlarang dan saat ini yang terbaru kasus kecubung karena dapat berdampak pada kesehatan. Menurutnya, yang namanya jenis narkoba, obat-obatan terlarang itu merupakan racun.

"Manakala obat itu dikonsumsi oleh kita itu akan jadi racun di dalam tubuh dan berdampak kepada kesehatan. Jadi kita harapkan masyarakat supaya bisa menghindar, supaya bisa memilih makanan yang bagus untuk kesehatan," tandas Umar. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami