Home Peristiwa Kebakaran Lahan Mulai Terjadi di Kotim, Penyebab Diduga karena Bakar Sampah

Kebakaran Lahan Mulai Terjadi di Kotim, Penyebab Diduga karena Bakar Sampah

  Redaksi   | Sabtu , 13 Juli 2024
48b5ce2ae9b3ed6ca9778720d4db300d.jpg
Petugas Disdamkarmat Kotim berupaya memadamkan api di areal yang terbakar di Jalan Kapten Mulyono Sampit, Sabtu (13/7).

KLIK.SAMPIT - Kebakaran lahan mulai terjadi Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Sabtu (13/7) pukul 15.30.

Kebakaran melanda sebuah lahan kosong di Jalan kapten Mulyono Sampit yang diduga terjadi karena pembakaran sampah oleh oknum warga.

"Lapangan ini biasanya digunakan bagi orang yang belajar menyetir mobil. Namun di sekelilingnya banyak sampah. Nah sampah ini, ada yang membakar," kata Endra, warga sekitar. 

Api dengan cepat membakar semak di sekeliling lapangan tersebut. Bahkan api mengenai kabel listrik. Sehingga membuat aliran listrik sekitar padam. 

Tak hanya itu lokasi kebakaran juga sangat dekat dengan permukiman warga sehingga asapnya mencemari udara sekitar. 

Setelah mendapat laporan dari warga Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Timur pun mengerahkan peraonel dan armada ke lokasi kejadian. 

"Kurang pebih 21 menit, api berhasil dikendalikan oleh petugas kami," ungkap Pelaksana Tugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotim Wim Reinhard Kaluwa Benung. 

Sebanyak 8 personel  dan 1 mobil unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi dan langsung memadamkan kebakaran lahan tersebut. Selain pemadam, petugas  dari pihak PLN untuk mengatasi kabel listrik yang terbakar. 

Masyarakat pun diimbau agar tak membakar sampah, apalagi lokasi berdekatan dengan semak. Ini mengingat kondisi daratan Kabupaten Kotawaringin Timur yang kini kering dan sangat mudah terbakar. 

"Bila terjadi kebakaran dan penyelamatan dapat menghubungi kami melalui akun resmi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin," tutupnya. (KLIK-RED) 


 

Baca Juga

Ikuti Kami