Home DPRD Murung Raya Ajak Generasi Muda Kembangkan Budaya Tradisional

Ajak Generasi Muda Kembangkan Budaya Tradisional

  Redaksi   | Jumat , 24 Mei 2024
17da0d1b533b2e75061fe2acef9075df.jpg
Anggota DPRD Murung Raya (Mura) M Nujhan.

KLIK. PURUK CAHU – Anggota DPRD Murung Raya (Mura) M Nujhan berharap, dengan diselenggarakannya Festival Budaya Isen Mulang (FBIM), dapat menumbuhkan kecintaan generasi muda pada budaya tradisional.

Ia mengatakan di tengah era globalisasi dan kemajuan teknologi saat ini, beragam hal dengan mudah masuk ke Indonesia, termasuk ke Kalimantan Tengah (Kalteng) khususnya Kabupaten Mura. Untuk itu ia mengajak generasi muda agar dapat terlibat mengembangkan potensi kebudayaan lokal yang dimiliki Mura.

“Hal ini harus dilakukan, jika anak muda tidak lagi peduli dan cinta terhadap kebudayaan lokal maka kedepan bisa saja kebudayaan lokal tergerus oleh kebudayaan luar,” jelas Nujhan, Kamis (24/5).

Ia mencontoh misalnya saja gim daring dengan beragam jenis permainan yang dapat dimainkan di telepon pintar, yang saat ini digandrungi generasi muda. Gim daring ini sedikit banyak mengancam kecintaan dan kelestarian permainan tradisional. 

"Dengan dilaksanakannya FBIM, yang mempertandingkan berbagai cabang lomba di bidang seni budaya dan olahraga tradisional, diharap akan menumbuhkan serta memperkuat kecintaan terhadap seni budaya dan olahraga tradisional, di tengah kemajuan teknologi," ujarnya.

Melalui FBIM, ia harap generasi muda menjadi mengetahui, mengenal, mencitai, dan ikut melestarikan seni budaya serta olahraga tradisional. Tak lupa ia mendukung penuh kontingen Murung Raya yang ikut berpartisipasi pada gelaran FBIM 2024 tingkat Kalteng di Palangka Raya.

“Semoga kontingen Mura bisa meraih prestasi yang membanggakan di berbagai cabang lomba yang diikuti di FBIM,” pungkasnya. (KLIK.RED)

Baca Juga

Ikuti Kami