Home DPRD Murung Raya DPRD Murung Raya Gelar Rapat LKPJ Pemerintah Tahun 2023

DPRD Murung Raya Gelar Rapat LKPJ Pemerintah Tahun 2023

  Redaksi   | Selasa , 04 Juni 2024
772f28c3d6cc34e0396c27c2d72503e2.jpg
Rapat Paripurna penyampaian LKPJ Pemkab Murung Raya, Senin (3/6).

KLIK. PURUK CAHU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Murung Raya menggelar rapat paripurna ke -1 masa sidang tahun 2024  penyampaian dan penyerahan rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Pemerintah Kabupaten Murung Raya tahun, Senin (3/6). 
Rapat di pimpin oleh Ketua DPRD Murung Raya Doni dihadiri Pj Bupati Murung Raya Hermon beserta jajaran lingkup Pemkab Murung Raya, anggota DPRD Mura serta unsur Forkopimda. 
Doni dalam pidatonya menyampaikan bahwa pembahasan yang dilakukan oleh Panitia Khusus (Pansus) terhadap LKPJ Pemerintah Kabupaten Murung Raya pada dasarnya merupakan bagian dari pelaksanaan fungsi pengawasan DPRD.
Hal itu skaligus evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan kurun waktu 1 tahun anggaran yang terfokus pada kinerja pelaksana tugas Pemerintah Daerah dan bukan terhadap kinerja keuangan. 
Menurutnya, pengawasan DPRD terhadap kinerja keuangan dalam konteks pelaksanaan pembangunan dilakukan melalui pembahasan terhadap Perda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD.
“Oleh sebab itu keputusan tentang rekomendasi DPRD yang akan diserahkan secara resmi Penjabat (Pj) Bupati berisikan catatan-catatan atas kinerja pemerintah daerah sebagai tawaran solusi, atas permasalahan yang menjadi kendala atas kinerja pemerintah daerah dalam kurun waktu 1 tahun yaitu tahun 2023 sesuai ketentuan pasal 20 ayat 2 peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2016,” terang Doni. 
Ditegaskan bahwa sesungguhnya catatan-catatan tersebut bukan hanya sekadar direkomendasikan kepada Pj Bupati melainkan untuk mengingatkan pula pihaknya selaku anggota DPRD yang juga merupakan unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah, dalam menjalankan fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan untuk lebih optimal lagi.
“Tentunya kami juga berharap bahwa Pj Bupati selaku pimpinan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan daerahnya, dapat memperhatikan dan menindaklanjuti rekomendasi tersebut sebagaimana mestinya dengan harapan, agar penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Murung Raya menjadi lebih baik lagi,” ungkap ketua DPRD. 
Juru bicara dari Pansus DPRD Murung Raya yang juga anggota DPRD Murung Raya Ahmad Tafruji mengatakan, pansus telah melakukan pembahasan LKPJ Pemerintah Daerah tahun 2023 bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang secara umum telah memenuhi target terhadap apa yang telah ditetapkan dalam RKPD Tahun anggran 2023.
“Namun nantinya ada beberapa hal yang perlu diperbaiki sesuai hasil pembahasan oleh pansus yang merupakan rekomendasi DPRD Murung Raya,” tegas Tafruji. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami