Home Pemerintah Kotawaringin Timur Pilkada Makin Dekat, Seluruh Pihak Diminta Turut Menyukseskan

Pilkada Makin Dekat, Seluruh Pihak Diminta Turut Menyukseskan

  Sugianto   | Senin , 01 Juli 2024
d67b5909616ef1b847b148ba7aedbe4e.jpg
Asisten I Setda Kotim Rihel saat Sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2024 di Kotim, di Aquarius Boutique Hotel Sampit, Senin (1/7).

KLIK.SAMPIT- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 baik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur maupun Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati semakin dekat. Seluruh pihak diminta turut menyukseskan peata demokrasi tersebut. 

"Mari kita semua sukseskan Pilkada yang akan kita laksanakan pada November mendatang," ucap Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur Rihel, saat membuka kegiatan Sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2024 di Kotim, di Hotel Aquarius Sampit, Senin (1/7).

Adapun kegiatan ini diikuti oleh unsur-unsur kemasyarakatan, dalam upaya memberikan pemahaman, informasi dan hal-hal lainnya berkenaan dengan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024. 

Dia mengatakan penyelenggaraan Pilkada secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil merupakan syarat mutlak untuk mewujudkan terpilihnya pemimpin yang berkualitas, dapat dipercaya, dan dapat menjalankan fungsi pemerintahan secara optimal.

"Saya tekankan ukuran suksesnya penyelenggaraan pilkada tidak hanya terletak pada hasil akhir yang dicapai, akan tetapi keberhasilan utama terletak pada terciptanya proses pemilihan yang kondusif, damai dan lancar," ujarnya.

Menurutnya, suksesnya penyelenggaraan pilkada tidak hanya menjadi tanggungjawab dari penyelenggara pemilu saja, akan tetapi juga menjadi tanggung jawab kita bersama termasuk pemerintah dan juga masyarakat.

Olehnya itu sosialisasi ini sangat penting dilakukan sebagai upaya meningkatkan partisipasi pemilih yang cenderung turun jika dibandingkan dengan penyelenggaraan pemilu.

"Untuk itu diperlukan peran serta dari seluruh aparatur pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan organisasi kemasyarakatan lainnya untuk dapat menyampaikan informasi pada masyarakat agar ikut hadir ke TPS. Dan sosialisasi dilaksanakan terus-menerus demi suksesnya penyelenggaraan seluruh tahapan pemilih," imbuh Rihel.

Dirinya juga berpesan kepada seluruh peserta setelah selesai mengikuti kegiatan ini nantinya mendapatkan pembelajaran dan memperoleh pengetahuan, serta informasi penting mengenai tahapan Pilkada tahun 2024. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami