Home News Metropolis Salat Iduladha di Kotim Berlangsung Khidmat, Penyembelihan Kurban Sebagian Besar Dilakukan Sehari Setelahnya

Salat Iduladha di Kotim Berlangsung Khidmat, Penyembelihan Kurban Sebagian Besar Dilakukan Sehari Setelahnya

  Sugianto   | Senin , 17 Juni 2024
848009f4e7f37728a492a3c5a8b43b54.jpg
Jemaah Masjid Haqqul Yakin Desa Sungai Paring melaksanakan salat sunah sebelum salat Iduladha.

KLIK.SAMPIT- Sejumlah masyarakat muslim di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) merayakan Iduladha 1445 Hijriah, Senin (17/6). Iduladha ditandai dengan salat Iduladha saat pagi kemudian sebagian memotong hewan kurban. 

Seperti yang dilaksanakan umat Muslim ini di Masjid Haqqul Yakin, salah satu masjid di Desa Sungai Paring, Kecamatan Cempaga yang diikuti oleh ratusan warga.

Berdasarkan pantauan ibadah salat id tersebut dimulai sekitar pukul 06.00. Diawali dengan mengumandangkan takbir, tahmid dan tahlil. 

Salat dipimpin oleh imam Ustaz Ustad Ahmad Haidri Ali, dengan Muazin Muhammmad zikri dan Ustaz Saleh selaku Khatib.

Salah seorang jemaah Hadi, menuturkan salat Idul Adha ini diselenggarakan oleh pihaknya, dan diikuti pula oleh jemaah masyarakat umum.

"Hari ini pemerintah menetapkan 10 Dzulhijah. Karena itu kami melaksanakan salat Iduladha hari ini," ucap Hadi, Senin (17/6). 

Adapun selain di lokasi itu, berbagai lokasi di daerah Kotim juga menyelenggarakan salat Iduladha hari ini.

Sementara itu untuk penyembelihan hewan kurban, menurutnya menyesuaikan waktu pelaksanaan di wilayah jemaah masing-masing.

"Berdasarkan keterangan panitia, insya Allah di tempat kami ada yang besok dan hari ini kami akan melaksanakan pemotongan hewan kurban," ujarnya.

Sementara Khatib Ustaz Saleh menyampaikan, Iduladha adalah momentum untuk bertafaqqur dan memperbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Dia berharap, ibadah yang dilangsungkan tersebut dapat diterima Allah SWT dan jemaah menjadi golongan yang dirahmati Allah SWT.

"Mudah-mudahan ibadah salat id yang kita laksanakan ini dapat diterima Allah SWT dan menjadi kita menjadi pribadi yang lebih baik," ungkapnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami