Home Pemerintah Kotawaringin Timur Pemkab Kotim Pastikan Stok Bahan Kebutuhan Pokok Tersedia Menjelang Iduladha

Pemkab Kotim Pastikan Stok Bahan Kebutuhan Pokok Tersedia Menjelang Iduladha

  Sugianto   | Sabtu , 15 Juni 2024
888957481e11b60bc555ab49b0c0002c.jpg
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kotim Zulhaidir.

KLIK.SAMPIT- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur memastikan stok bahan pokok aman dan tersedia menjelang Idulo tahun 2024.

"Berdasarkan pantauan tim kami persediaan bahan pokok jelang Iduladha cukup," ucap Kepala Disperindag Kotim Zulhaidir, Sabtu (15/6). 

Ia mengatakan bahwa menjelang hari besar keagamaan ini, khususnya Hari Raya Iduladga 2024, pihaknya tidak membentuk tim khusus.

Namun, sesuai jadwal petugas selalu melakukan pemantauan barang kebutuhan pokok di pasar-pasar dan sampai saat ini, semua barang kebutuhan pokok masyarakat masih stabil. 

"Pemantauan ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan dan perkembangan harga barang di pasaran dan hasil pantau kami cukup stabil," ujarnya.

Ia menuturkan bahwa dari hasil pantauan petugas di lapangan, semua barang kebutuhan pokok masih stabil. Selain itu, petugas juga tidak menemukan adanya perilaku nakal oleh pelaku usaha yang secara sengaja melakukan penimbunan barang kebutuhan pokok menjelang hari raya keagamaan ini.

Lanjutnya, secara umumnya semua barang kebutuhan pokok masih tersedia. Seperti beras, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, telur, daging sapi, ayam, bawang merah, bawang putih, cabai keriting, dan sejumlah barang kebutuhan pokok lainnya dipastikan ketersediaannya sangat mencukupi. Kendati demikian ia mnegakui harga barang kebutuhan pokok tersebut memang ada beberapa yang mengalami kenaikan seiring dengan permintaan pasar meningkat jelang Iduladha ini.

"Memang ada beberapa harga yang mengalami kenaikan, namun itu kami nilai biasalah bila mendekati hari besar harga akan naik karna permintaannya naik," terangnya.

Pihaknya berpesan kepada para pelaku usaha untuk tidak memanfaatkan situasi atau momen hari raya ini dengan menaikkan harga dan melakukan penimbunan bahan kebutuhan pokok. Sementara itu, kepada seluruh masyarakat, diminta untuk tidak panik.

Dia mencontohkan jika harga beras naik, masih ada langkah-langkah lain yang bisa diambil oleh pemerintah dengan melakukan kerja sama dengan Perum Bulog Cabang Sampit.

"Kami mengharapkan para pelaku usaha untuk tidak memanfaatkan situasi ini dengan menaikkan harga dan menimbun bahan kebutuhan pokok. Sementara itu, kepada seluruh masyarakat, jangan panik. Pemerintah siap mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan ketersediaan bahan pokok," tandas Zulhaidir. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami