Home Pemerintah Kotawaringin Timur Berharap Kemampuan Siswa Berlandaskan Pancasila di Kotim Meningkat

Berharap Kemampuan Siswa Berlandaskan Pancasila di Kotim Meningkat

  Sugianto   | Senin , 10 Juni 2024
03506cab660cae51778dff4fecea14f7.jpg
Wakil Bupati Kotim Irawati saat menghadiri kegiatan P5 di SDN 3 MB Hulu.

KLIK.SAMPIT- Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Irawati berharap Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dapat mengoptimalkan kemampuan peserta didik dan menguatkan karakter pencapaian profil Pancasila.

"Saya berharap dengan kegiatan seperti ini anak didik kita dapat menguatkan karakter pencapaian profil Pancasila serta membentuk religius, mandiri, disiplin, kreatif dan berani," ucap Irawati.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri kegiatan P5 di di SDN 3 Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapan, Senin (10/6).

Irawati mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, ini merupakan bentuk pengimplementasian kurikulum merdeka terhadap perserta didik baik anak kelas 1, 2, 4, dan 5 tahun pelajaran 2023/2024 ini. 

"Saya atas nama pemerintah daerah kabupaten kotawaringin timur mengapresiasi atas acara kegiatan Gerbyar Talenta P5 di SDN 3 Mentawa Baru Hulu ini," ujarnya.

Irawati mengatakan P5 adalah proses pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya.

"Proyek Penguatan Ptofil Pelajar Pancasila ini mengunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas," katanya.

Lanjutnya, pendidikan adalah fondasi utama bagi kemajuan bangsa. sejalan dengan itu, penguatan profil pelajar pancasila adalah upaya strategis dalam mencetak generasi penerus yang tidak hanya cerdas secara intelektual. Namun juga memiliki karakter kuat yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila.

"Inisiatif ini sangat penting dalam membentuk siswa yang tidak hanya kompeten dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki integritas, toleransi dan semangat gotong royong yang tinggi," imbuhnya.

Ia berpesan kepada para pendidik dan orang tua untuk mendukung keberhasilan projek ini dan kepada anak-anak peserta didik agar manfaatkan setiap kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri.

"Kalian adalah harapan bangsa di tangan kalianlah masa depan negeri ini ditentukan. jadilah generasi yang berprestasi, yang selalu menjunjung tinggi nila-nilai luhur pancasila dalam setiap tindakan dan perilaku," tandas Irawati. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami