Home News Metropolis Tak Layak Huni, Masyarakat Gotong Royong Perbaiki Rumah Jabatan Kapolsek Parenggean

Tak Layak Huni, Masyarakat Gotong Royong Perbaiki Rumah Jabatan Kapolsek Parenggean

  Redaksi   | Rabu , 05 Juni 2024
1a9532ebe987451be366a57b3ba22cd2.jpg
Wakil Bupati Kotim Irawati dan Kapolres Kotim AKBP Sarpani saat meletakan batu pertama pembangunan rumah jabatan Kapolsek Parenggean.

KLIK.SAMPIT - Rumah jabatan Kepala Kepolisian Sektor Parenggean, Kabupaten Kotawaringin Timur, dinilai tak layak huni. Masyarakat bersama sejumlah koperasi setempat pun bahu membahu bergotong royong membangunkan rumah yang lebih layak secara sukarela.

"Lantainya saja sudah jeblok," ungkap Camat Parenggean Siyono, Rabu (5/6).

Sebab itulah pihaknya merasa prihatin atas kondisi rumah jabatan tersebut. Sehingga akhir diusulkanlah perbaikan oleh masyarakat dibantu koperasi yang berada di wilayah tersebut. 

“Akhirnya terkumpul dana pembangunan Rp 270 juta murni gotong royong dari koperasi yang ada di Parenggean. Hal ini tidak ada paksaan, sukarela dari koperasi,” ujar Siyono. 

Adapun pembangunan rumah jabatan tersebut ditargetkan selesai selama tiga bulan ke depan. 

Sementara itu Kapolsek Parenggean AKP Rahmad Tuah berterima kasih atas perhatian kecamatan, koperasi dan masyarakat setempat terhadap kondisi rumah jabatan kapolsek itu. 

“Delapan koperasi memberikan hibah bantuan dana pembangunan rumah jabatan kapolsek, hal tersebut digagas oleh Camat Parenggean dan Camat Tualan Hulu,” ucap Rahmad Tuah. 

Berkat usulan dan gotong royong itu rumah jabatan kapolsek nanti akan lebih bagus dan layak huni. Sehingga diharapkan semakin semangat dalam bertugas melayani dan mengayomi masyarakat di wilayah hukum Polsek Parenggean tersebut. 

Sementara itu Wakil bupati Kotim Irawati mengapresiasi kepedulian, tekad, dan gotong royong yang ditunjukkan kecamatan, koperasi dan masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa Habaring Hurung sebagai motto benar-benar dilaksanakan di Kotim. 

"Contohnya dengan pembangunan rumah dinas Kapolsek ini bisa dilakukan secara gotong royong dengan urunan dari koperasi yang ada di Parenggean,” ujar Irawati. 

Menurut Irawati, hal seperti itu merupakan terobosan yang baik. Menurutnya seorang kapolsek akan betah bekerja dan maksimal dalam melaksanakan tugas jika tempat tinggal mereka nyaman. 

"Makanya perhatian dari masyarakat ini sangat saya apresiasi,” imbuh Irawati. 

Irawati juga berharap agar ke depan Kecamatan Tualan Hulu beserta koperasi dan perusahaan besar swasta dapat bisa membantu memberikan mobil dinas yang layak untuk kepentingan Polsek bertugas. 

Di sisi lain, Kapolres Kotim AKBP Sarpani merasa tersanjung dan bangga atas kepedulian masyarakat terhadap tugas polisi. Ini menandakan bahwa masyarakat begitu percaya terhadap polisi sebagai pelindung. 

 “Saya baru pertama kali ini mendapati hal seperti ini selama saya menjabat. Kebersamaan ini sangat baik. Perhatian masyarakat sangat besar terhadap kepolisian,” kata Sarpani. 

Ia pun berpesan kepada polsek yang diamanahkan masyarakat agar menjaga rumah jabatan yang telah menjadi simbol kepedulian terhadap polisi itu dengan baik. Sehingga dapat dimanfaatkan dan manfaatnya juga bisa dirasakan masyarakat sekitar wilayah hukum Polsek Parenggean. 

"Pesan saya hanya satu, rumah ini dibangun dan diberikan dari masyarakat. Saya harap ke depan rumah ini juga akan selalu terbuka untuk masyarakat. Terutama untuk melayani keperluan masyarakat dalam hal memberikan pelayananan keamanan," pesan Sarpani. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami