Home News Metropolis BMKG : Potensi Hujan di Kotim Masih Terjadi Sepekan ke Depan, Agustus Baru Memasuki Musim Kemarau

BMKG : Potensi Hujan di Kotim Masih Terjadi Sepekan ke Depan, Agustus Baru Memasuki Musim Kemarau

  Sugianto   | Selasa , 04 Juni 2024
9f03d891492f86f5795ae72ea093daf1.jpg
Banjir merendam salah satu desa di wilayah Utara Kotim beberapa waktu lalu.

KLIK.SAMPIT- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Sampit menyebutkan potensi hujan di Kabupaten Kotawaringin Timur masih tinggi dalam sepekan ke depan. BMKG juga menyebutkan musim kemarau bakal terjadi di bulan Agustus mendatang.

"Prediksi kemarau masih di bulan Agustus dasarian I yakni antara tanggal 1-10 Agustus," terang Prakirawan BMKG Sampit Lyla Affifah, Selasa (4/6).

Selain itu pihaknya juga merilis prakiraan cuaca untuk sepekan ke depan diprakirakan akan terjadi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kotim.

"Sepekan ke depan diprakirakan akan terjadi hujan ringan hingga lebat merata di wilayah Kotim,"

katanya.

Menurutnya potensi hujan ini akan merata terjadi di wilayah Kotim dan akan terjadi pada sore hingga dini hari dalam sepekan ke depan.

"Dari data dinamika atmosfer saat ini dan pantauan BMKG, beberapa hari ke depan masih berpotensi terjadi hujan merata di Kotim. Terjadi pada siang hingga malam hari," ujarnya.

Pihaknya meminta masyarakat agar selalu memantau peringatan dini cuaca untuk wilayah Kotim. Baik di web resmi BMKG Kotim, aplikasi bmkgkotim ataupun instagram bmkgkotim.

"Kami juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada terkait adanya potensi banjir dan genangan yang diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi," imbuh Lyla Affifah.

Adapun sebelumnya Pemerintah Kabupaten Kotim kembali memperpanjang status transisi pemulihan bencana banjir selama 7 hari kedepan yakni (1/6) hingga (7/6).

Kepala Pepaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur Multazam mengatakan, banjir yang terjadi di sejumlah titik di Kotim disebabkan intensitas cukup tinggi dan durasi yang panjang sehingga mengakibatkan adanya banjir.

"Kami mengimbau warga tetap waspada terhadap bencana yang mungkin bisa saja terjadi termasuk banjir ini. Mudah-mudahan banjir ini segera surut dan cuaca kita juga bersahabat," kata Multazam. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami