Home News Metropolis Banjir Meluas, Belasan Desa di Wilayah Utara Kotim Terendam

Banjir Meluas, Belasan Desa di Wilayah Utara Kotim Terendam

  Sugianto   | Selasa , 28 Mei 2024
183a61cbeedca0470fc101e49133b7fb.jpg
Banjir di wilayah Utara Kabupaten Kotawaringin Timur.

KLIK.SAMPIT- Akibat intensitas hujan yang tinggi beberapa hari terakhir mengakibatkan banjit di wilayah utara Kabupaten Kotawaringin Timur kembali meluas dan merendam belasan desa. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim kembali menerima laporan dari pihak kecamatan ada belasan desa yang terendam banjir

"Berdasarkan laporan masuk ke kami ada belasan desa yang terendam banjir berada di wilayah Utara Kotim," ucap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Timur, Multazam, Senin malam (27/5).

Ia merinci belasan desa yang terdampak banjir itu yakni ada di Kecamatan Telaga Antang meliputi Desa Tumbang Sangai, Desa Tukang Langit, Desa Rantau Katang, Desa Tumbang Mangkup, Desa Tumbang Bajanei, Desa Tumbang Boloi, Desa Rantau Sawang, Desa Luwuk Kowan, Desa Rantau Suang dan Desa Tumbang Puan

"Dari laporan debit air disana bervariasi dari kisaran 50 sentimeter hingga mencapai 120 sentimeter ketinggian air dari permukaan tanah," tuturnya.

Selain itu banjir ini juga terjadi di Kecamatan Mentaya Hulu meliputi Kelurahan Kuala Kuayan, Desa Tanjung Jariangau dan Desa Bawan. Pihaknya mengaku telah berkunjung ke lokasi tersebut.

"Tadi saat kami tinggalkan Desa Tanjung Jariangau sudah mencapai angka 100 sentimeter dari permukaan tanah," terangnya. 

Terkait data jumlah penduduk yang terdampak banjir, pihaknya belum bisa membeberkan dan masih menunggu laporan pihak Kecamatan masing-masing.

"Untuk data kepala keluarga (KK) terdampak dan info lainnya, kami masih menunggu laporan dari pihak Kecamatan," imbuhnya.

Adapun sebelumnya pihaknya hanya menerima laporan banjir berjumlah 4 desa yakni Desa Tumbang Boloi, Desa Tumbang Bajenei, Desa Tumbang Sangai (Kecamatan Telaga Antang) dan Desa Tumbang Manya (Antang Kalang).

Sementara sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur melalui BPBD setempat menetapkan status transisi pemulihan bencana banjir selama 14 hari ke depan, terhitung dari (18/5) hingga (31/5).

"Kami mengimbau warga tetap waspada terhadap bencana yang mungkin bisa saja terjadi termasuk banjir ini. Mudah-mudahan banjir ini segera surut dan cuaca kita juga bersahabat," pungkas Multazam.  (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami