Home News Metropolis 2.000 Sapi Kurban Beredar di Kotim

2.000 Sapi Kurban Beredar di Kotim

  Sugianto   | Selasa , 28 Mei 2024
f85d7ec699fffac8311762276f8932e8.jpg
Petugas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kotim memeriksa seekor sapi yang sakit di salah satu penjualan hewan kurban di Jalan Kapten Mulyono Sampit.

KLIK. SAMPIT - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kotawaringin Timur mendata ada sekitar 2.000 lebih sapi untuk keperluan ibadah kurban beredar di daerah itu. Jumlah ini melebihi perkiraan kebutuhan sapi yakni sekitar 1.200 ekor.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewab Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kotim drh Endrayatno menjelaskan, kebutuhan hewan kurban di Kotim berjumlah sekitar 1.200 ekor sapi dan 500 ekor kambing. 

"Namun demikian jumlah hewan kurban yang terjual nantinya akan lebih banyak. Sebab pembeli juga ada yang berasal dari kabupaten tetangga," jelasnya, Senin (27/5).

Pihak Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kotim telah mendata jumlah hewan kurban yang masuk ke daerah setempat dalam beberapa waktu terakhir. Pendataan dilakukan dengan turun langsung ke tempat-tempat penjualan hewan kurban.

Berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan setidaknya sudah ada sekitar 2.000 ekor lebih sapi kurban yang beredar di Kotim. Sementara untuk kambing berjumlah sekitar 600 ekor. 

Adapun hewan kurban tersebut umumnya dipasok dari luar Pulau Kalimantan yakni Pulau Jawa dan Pulau Sulawesi. 

"Selai pendataan jumlah kami juga petugas juga akan melakukan tindakan jika ditemukan hewan kurban yang mengalami sakit," imbuhnya. 

Sebelum hewan kurban diedarkan ke masyarakat Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan akan memerikaa kesehatan terhadap hewan kurban yang ada. Selanjutnya pemeriksaan akan dilakukan kembali sepekan sebelum lebaran Iduladha. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami