Home News Metropolis Banjir Kembali Rendam Sejumlah Desa di Wilayah Utara Kotim

Banjir Kembali Rendam Sejumlah Desa di Wilayah Utara Kotim

  Sugianto   | Senin , 27 Mei 2024
0e5503256b9af4554ce092fc088b7fc7.jpg
Banjir kembali meredam sejumlah desa di wilayah Utara Kotim.

KLIK.SAMPIT- Banjir kembali merendam sejumlah desa di wilayah Utara Kabupaten Kotawaringin Timur. Ini diakibatkan tingginya curah hujan di wilayah itu beberapa hari terakhir.

"Berdasarkan laporan masuk ke kami ada beberapa desa yang terendam banjir berada di eilayah Utara Kotim," ucap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Timur, Multazam, Senin (27/5).

Diungkapkannya, sejumlah desa yang terendam banjir ini berada di dua kecamatan yakni Telaga Antang dan Antang Kalang dengan debit air bervariasi dari kisaran 50 sentimeter hingga mencapai 120 sentimeter ketinggian air dari permukaan tanah.

Ia pun merinci untuk banjir di Kecamatan Telaga Antang ada tiga desa yakni Tumbang Boloi, Tumbang Bajenei dan Tumbang Sangai. Sementara di Kecamatan Antang Kalang ada satu desa yakni Tumbang Manya.

"Banjir ini diakibatkan tingginya intensitas hujan yang terjadi beberapa hari terakhir di sana," terangnya.

Multazam menambahkan, pihaknya memperkirakan masih terdapat beberapa desa yang terdampak banjir akibat intensitas hujan yang tinggi dan terjadi beberapa hari terakhir

"Kami akan terus memantau perkembangan banjir ini, hingga bisa mengambil langkah apa yang dilakukan," imbuhnya.

Sementara sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur melalui BPBD setempat menetapkan status transisi pemulihan bencana banjir selama 14 hari ke depan, terhitung dari (18/5) hingga (31/5).

"Kami mengimbau warga tetap waspada terhadap bencana yang mungkin bisa saja terjadi termasuk banjir ini. Mudah-mudahan banjir ini segera surut dan cuaca kita juga bersahabat," pungkas Multazam. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami