Home News Metropolis Momentum Waisak, Umat Buddha di Kotim Berharap Makin Berkesadaran Keberagamaan

Momentum Waisak, Umat Buddha di Kotim Berharap Makin Berkesadaran Keberagamaan

  Sugianto   | Jumat , 24 Mei 2024
34aa87fab96e52f8c5176b74a0b8d457.jpg
Umat Budha di Kabupaten Kotawaringin Timur melaksanakam puja bakti detik-detik Waisak di Vihara Avalokitesvara Sampit, Kamis malam (23/5).

KLIK.SAMPIT - Perayaan Waisak 2568 Budhist Era / tahun 2024 di Kabupaten Kotawaringin Timur bagi umat Buddha berjalan khidmat. Umat Buddha berharap momentum ini dapat meningkatkan kesadaran keberagaman.

Seperti yang terpantau di Viahara Avalokitesvara di Kelurahan Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kamis malam (23/5).

"Keharmonisan merupakan pedoman hidup berdampingan dalam berbangsa. Kita Memaknainya semoga dengan semangat waisak mempererat persatuan dan kesatuan," kata Ketua Majelis Buddhayana Indonesia Kotim Lusia Tamrin. 

Adapun puncak perayaan detik-detik waisak di Vihara Avalokitesvara diperingati dengan puja bakti yang digelar mulai pukul 19.00 WIB. Para jemaah khusyuk mengikuti rangkaian ibadah tersebut. 

Sebelum menyambut detik-detik waisak, umat Buddha di Vihara Avalokitevara melaksanakan bakti sosial dengan berdonor darah dan membagikan sembako untuk warga kurang mampu.

Lusia menjelaskan, waisak merupakan hari memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Buddha Gautama, yaitu kelahiran, pencapaian pencerahan sempurna, dan Parinirvana Sang Buddha.

Tiga peristiwa suci itu terjadi pada hari purnama sidi, bulan Waisak. Menurutnya, bulan purnama yang menyertai peringatan Trisuci Waisak penuh tradisi kontemplasi yang semakin memperkuat spiritualitas bangsa.

"Indonesia merupakan negara yng kaya budaya, adat istiadat dan keberagaman agama yang hidup berdampingan dalam kehidupan anak bangsa yang toleran. Semoga dengan semangat bhinneka tunggal ika tercipta keberagaman yang saling menguatkan," ujarnya. 

Adapun rangkaian perayaan Waisak di Vihara Avalokitesvara telah dimulai sejak Minggu, 12 Mei 2024 dengan berbagai kegiatan. Yang telah dilakukan yaitu aneka perlombaan untuk Sekolah Minggu Buddha (SMB) dan masyarakat umum, serta puja bakti detik-detik waisak.

Sementara kegiatan yang masih terjadwal yaitu Pindapatta 25 Mei 2024 pukul 05.45, Yi & Fo Perayaan Waisak Umum 25 Mei 2024 pukul 18.30 WIB, Perayaan Waisak anak 26 Mei 2024 pukul 09.00 WIB.

"Harapan kami semoga untuk ke depannya kita Umat Buddha bisa mempererat hubungan dengan agama lain saling bersatu salin membantu dan bahu membahu," tandasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami