Home Pemerintah Kotawaringin Timur Pemkab Kotim Menyalurkan 2,5 Ton Beras untuk Warga Terdampak Banjir di Bagendang Tengah

Pemkab Kotim Menyalurkan 2,5 Ton Beras untuk Warga Terdampak Banjir di Bagendang Tengah

  Sugianto   | Jumat , 24 Mei 2024
85fb28436a4404ec5871f1c94682f252.jpg
Asisten Setda Kotim Rihel saat menyerahkan bantuan cadangan pangan berupa beras kepada warga terdampak banjir di Desa Bagendang Tengah, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Jumat (24/5).

KLIK.SAMPIT- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menyalurkan sebanyak 2,5 ton beras bantuan untuk warga terdampak banjir di Bagendang Tengah, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Jumat (24/5). 

"Hari ini kami menyerahkan bantuan ini sebagai wujud rasa perhatian dan kepeduliaan pemerintah daerah untuk sedikit meringankan beban warga kita disini," ucap Asisten 1 Setda Kotim Rihel

Ia mengatakan cadangan pangan merupakan persediaan bahan pangan pokok yang disimpan oleh pemerintah daerah dan masyarakat, yang dapat digunakan untuk konsums dalam menghadapi keadaan darurat.

"Sudah beberapa hai ini di Kecamatan Mentaya Hilir Utara ini, Khususnya di Desa Bagendang Tengah sedang terjadi bencana banjir yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat terutama dalam aktivitas pekerjaan sehari-hari," ujarnya.

Pihaknya merasa prihatin dengan kejadian yang menimpa warga di wilayah tersebut yang mengakibatkan rumah warga banyak terendam air dengan ketianggian air yang mencapai sepinggang orang dewasa. Bahkan fasilitas umum dan sosial tidak berfungsi.

"Adapun tujuan dari penyaluran ini adalah untuk membantu keluarga dalam meringankan atau memenuhi kebutuhan bahan pokok seperti beras," terangnya.

Sebagai informasi sasaran penerima manfaat adalah masyarakat yang terdampak bencana banjir di Desa Bagendang Tengah yakni sebanyak 2.500 kilogram (kg). Dimana tiap Kepala keluarga mendapat 10 kg beras.

Adapun berdasarkan informasi yang dihimpun data rumah warga yang terdampak banjir di Desa Bagendang tengah sebanyak 631 rumah yakni dengan rincian, RT 1 berjumlah 135 rumah, RT 2 berjumlah 87 rumah, RT 3 berjumlah 89 rumah, RT 4 berjumlah 65 rumah, RT 5 berjumlah 50 rumah, RT 6 berjumlah 55 rumah, RT 7 berjumlah 72 rumah dan RT 8 berjumlah 78 rumah.

"Kami menyadari bantuan ini tidak bisa memenuhi sepenuhnya kebutuhan masyarakat. Namun setidaknya diharapkan dapat membantu dan meringankan beban yang dirasakan saudara-saudara kita," tandas Rihel. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami