Home Pemerintah Kotawaringin Timur Wabup Kotim Panen Perdana Cabai Hasil Penerapan Digital Farming

Wabup Kotim Panen Perdana Cabai Hasil Penerapan Digital Farming

  Sugianto   | Jumat , 17 Mei 2024
13ec32dced105bf4a798dec9a185fa77.jpg
Wabup Kotim Irawati saat panen perdana implementasi digital farming cabai Kelompok Tani Margo Mulyo, di Sampit, Jumat (17/5).

KLIK.SAMPIT- Wakil Bupati Kotawaringin Timur Irawati mengikuti panen perdana cabai dari penerapan digital farming oleh Kelompok Tani Margo Mulyo, di Jalan Jendral Sudirman, Sampit, Jumat (17/5).

"Alhamdulillah kita dapat mengikuti panen perdana implementasi digital farming Kalteng komoditas cabai di lahan Kelompok Tani Margo Mulyo," ucap Irawati.

Irawati mengatakan pertanian merupakan salah satu langkah penting dala mengintegrasikan teknologi digital ke dalam sektor pertanian di era industri 4.0. Teknologi digital telah menjadi pilar utama dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas di berbagai sektor, termasuk pertanian. 

"Pemanfaatan teknologi mampu menyajikan data waktu nyata dan kemudahan akses mampu memberikan efisiensi dan efektifitas dari seluruh pertanian dari sisi hulu-hilir. Sehingga mampu meningkatkan kualitas hasil pertanian," ungkapnya.

Adapun program ini merupakan program Bank Indonesia dan perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah yang telah menunjuk dan memilih Kelompok Tani Margo Mulyo yang berada di Kotim.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah yang telah menunjuk dan memilih Kelompok Tani Margo Mulyo yang berada di Kotim sebagai pilot project penerapan digital farming komoditas cabai," imbuhnya.

Irawati berharap kepada organisasi perangkat daerah selaku teknis terkait dapat mensosialisasikan dan menerapkan digital farming ini kepada kelompok tani kelompok tani yang ada di daerah itu khususnya di bidang pertanian.

"Saya berharap petani kita bisa memajukan pertanian holtikultura sebagai salah satu solusi untuk menjaga ketersediaan pangan," pungkas Irawati. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami