Home Pemerintah Kotawaringin Timur Potensi Hujan Berkurang, Pemkab Kotim Tetapkan Status Transisi Pemulihan Banjir

Potensi Hujan Berkurang, Pemkab Kotim Tetapkan Status Transisi Pemulihan Banjir

  Sugianto   | Jumat , 17 Mei 2024
5c8324ea89dce1016417053fce6092dd.jpg
Kepala Pelaksana BPBD Kotim Multazam saat rapat koordinasi evaluasi banjir di daerah itu, di ruang BPBD Kotim, Jumat (17/5).

KLIK.SAMPIT- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menetapkan status transisi pemulihan bencana banjir selama 14 hari ke depan, terhitung dari (18/5) hingga (31/5).

"Kami menetapkan status transisi pemulihan bencana banjir yakni dari tanggap darurat menuju pemulihan selama 14 hari ke depan," ucap Kepala Pelaksana BPBD Kotim Multazam, usai menggelar rapat koordinasi evaluasi banjir , di ruang BPBD Kotim, Jum'at (17/5).

Adapun dalam kegiatan tersebut melibatkan berbagai pihak terkait. Multzam menyebut status pemulihan bencana banjir ini ditetapkan berdasarkan hasil kesepakatan bersama seluruh pihak tersebut dinilai dari kondisi cuaca dan kondisi banjir saat ini sudah mulai aman.

"Dari hasil masukan semua pihak, potensi hujan sudah mengecil dan posisi sekarang menuju posisi netral dan banjir juga sudah aman," terangnya.

Lanjutnya, berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika setempat puncak musim kemarau berada di bulan Agustus.

"Kalau kita tarik belakang. Artinya dari bulan Juni, Juli itu sudah memasuki musim kemarau," sambungnya.

Kendati demikian pihaknya tetap monitor perkembangan cuaca selama masa transisi pemulihan banjir ini.

"Kami akan tetap memantau perkembangan ini, jangan sampai kita teledor. Sebab perubahan iklim dan cuaca terkadang cepat berubah drastis. Mudah-mudahan bencana banjir tidak terjadi lagi di tempat kita," pungkas Multazam. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami