Home News Metropolis Sepekan ke Depan Potensi Banjir di Kotim Masih Tinggi

Sepekan ke Depan Potensi Banjir di Kotim Masih Tinggi

  Sugianto   | Rabu , 01 Mei 2024
ba8496aa055bb5636cba9a38868a8e9b.jpg
Seorang warga tampak menepi ke pinggir jalan yang terendam banjir di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, belum lama ini.

KLIK.SAMPIT- Derasnya hujan di Kabupaten Kotawaringin Timur disertai angin kencang dan petir kerap terjadi dalam beberapa hari terakhir hingga mengakibatkan banjir. Kondisi ini masih terus berpotensi terjadi hingga sepekan ke depan. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Sampit merilis prakiraan cuaca untuk sepekan ke depan diprakirakan akan terjadi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kotim. 

"Sepekan ke depan diprakirakan akan terjadi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kotim," ucap prakirawan cuaca BMKG H Asan Sampit, Alfa Centauri, Rabu (1/5).

Menurutnya potensi hujan ini akan merata terjadi di wilayah Kotim dan akan terjadi pada sore hingga dini hari dalam sepekan ke depan.

"Dari data dinamika atmosfir saat ini dan pantauan BMKG, beberapa hari ke depan masih berpotensi terjadi hujan merata di Kotim. Terjadi pada sore hingga dini hari," ujarnya.

Ia mengatakan, ada beberapa faktor baik skala global atau lokal yang memengaruhi kondisi cuaca di Kotim. 

"Kemungkinan hujan disebabkan karena adanya pertemuan angin atau belokan angin yang mengakibatkan peningkatan pertumbuhan awan yang dapat menghasilkan hujan," terangnya.

Selain itu hujan terjadi karena dipengaruhi suhu muka laut yang cukup hangat dalam proses pembentukan awan. 

Pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi hujan lebat disertai angin kencang, dan agar selalu memantau peringatan dini cuaca untuk wilayah Kotim. Baik di web resmi BMKG Koti., aplikasi bmkgkotim ataupun instagram bmkgkotim.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotim Multazam mengatakan, banjir yang terjadi di sejumlah titik Kota Sampit disebabkan intensitas cukup tinggi dan durasi yang panjang sehingga mengakibatkan adanya banjir.

"Kami mengimbau warga tetap waspada terhadap bencana yang mungkin bisa saja terjadi termasuk banjir ini. Mudah-mudahan banjir ini segera surut dan cuaca kita juga bersahabat," kata Multazam (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami