Home DPRD Murung Raya Masyarakat Mura Masih Kekurangan Air Bersih

Masyarakat Mura Masih Kekurangan Air Bersih

  Redaksi   | Minggu , 21 Januari 2024
1e9bfef8f296d405148468e1c947e812.jpg
Wakil Ketua Komisi I DPRD Murung Raya Rahmat Hidayat, Sabtu (20/1).

KLIK. PURUK CAHU – Masyarakat di Kabupaten Murung Raya masih kekurangan air bersih. Hal ini perlu menjadi perhatian karena merupakan kunci utama adanya kesehatan. 

"Kekurangan air bersih sering terjadi di masyarakat sehingga perlu menjadi perhatian serius dari pemerintah setempat," kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Murung Raya Rahmat Hidayat, Sabtu (20/1).

Legislator berlatar belakang Sarjana kesehatan Masyarakat (SKM) ini menjelaskan bahwa air bersih juga menjadi salah satu upaya dalam menurunkan angka stunting. Oleh karena itu, diharapkan pengadaan sumur bor atau pengadaan jalur air bersih lebih diperhatikan lagi dan juga perlu peningkatan program program pencegahan stunting. 

“Sehingga kita harapkan komitmen dari pemerintah untuk mengatasi persoalan ini lebih serius lagi, terutama memperhatikan hal-hal apa saja yang menjadi faktor penyebab terjadinya stunting khususnya di wilayah pedesaan,” tegasnya. 

Rahmat juga menyampaikan bahwa banyak dari desa yang ada di Kabupaten Murung Raya belum memiliki akses sanitasi yang layak yaitu air bersih sangat perlu diperhatikan pada masyarakat di Kabupaten Murung Raya.

“Karena banyaknya penyakit yang kerap kali muncul di wilayah ini penyebabnya adalah kekurangan air bersih atau kesulitan mencari air bersih. Kalaupun ada air bersih, mereka harus menempuh jaraknya cukup jauh dari desa sehingga memakan waktu dan juga banyak tenaga, terlebih di Desa yang ada di bantaran sungai barito,” pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami