Home Peristiwa Pertengahan Ramadan, Karhutla Terjadi di Kobar

Pertengahan Ramadan, Karhutla Terjadi di Kobar

  Redaksi   | Minggu , 24 Maret 2024
caaf9a9126881d31407d168495376a66.jpg
Petugas TRC BPBD Kabupaten Kotawaringin Barat saat berupaya memadamkan karhutla di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan, Minggu (24/3).

KLIK. PANGKALAN BUN - Intensitas hujan yang kian menurun di Kabupaten Kotawaringin Barat, mengakibatkan daratan kering dan rawan terjadi Kebakaran hutan dan Lahan (Karhutla). Di pertengahan Ramadan ini karhutla terjadi di desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan, Minggu (24/3).

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Barat pun melakukan penangan terhadap karhutla tersebut. 

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Martogi Siallagan menyampaikan, pihaknya menerima laporan adanya kebakaran di lahan milik warga, sekitar pukul 09.55. 

"Kebakaran lahan tersebut membuat warga khawatir, karena tidak jauh dari perumahan," ujar Martogi.

Kebakaran lahan ini terjadi tepatnya di areal lahan di Jalan Pasir Panjang-Kumai Batu Atas, atau dekat Perumahan Bumi Asih Permai. Serta perlu penangan cepat. Sebab cuaca hari ini sangat terik sehingga rawan menyebabkan kebakaran meluas. 

Berdasarkan informasi di lapangan, kebakaran terjadi karena pembersihan atau pembukaan lahan oleh masyarakat.

"Pemadaman dilakukan dengan menggunakan 3 Unit Tangki water suplay BPBD, kurang lebih 2 jam tepatnya pada pukul 12.00, api berhasil di padamkan," ungkapnya.

Akibat kebakaran tersebut, kurang lebih sekitar 0,5 hektare. Atas kejadian ini, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami