Home News Metropolis Pemuda di Kota Besi Konsisten Membersihkan Masjid saat Ramadan

Pemuda di Kota Besi Konsisten Membersihkan Masjid saat Ramadan

  Sugianto   | Selasa , 12 Maret 2024
478e6c6470f8260b0e58afd0ce516212.jpg
Aksi sejumlah pemuda saat gotong royong membersihkan masjid, sebelum memasukui bulan suci Ramadan.

KLIK.SAMPIT- Sejumlah pemuda yang tergabung di komunitas "Remaja Kobes" terus konsisten menggelar aksi bersih-bersih Masjid menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriah. Seperti yang dilakukan oleh para pemuda di Masjid Darussalam yang terletak di kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Tradisi bersih-bersih ini sudah berlangsung setiap tahunnya dan kami terus konsisten menggelar kegiatan ini pada saat menyambut bulan suci Ramadan yang melibatkan masyarakat sekitar," ucap Ketua Komunitas Remaja Kobes Sadikin, Selasa (12/3).

Menurut dia, aksi bersih-bersih masjid ini mereka lakukan untuk membuat kenyaman kepada jemaah dalam melakukan ibadah salat. 

"Kegiatan ini kami lakukan untuk kenyamanan jemaah saat melaksanakan ibadah salat. Baik salat fardhu maupun salat sunah tarawih serta ibadah lainnya saat di masjid," ujarnya.

Dia menargetkan pada bulan Ramadan ini mereka akan membersihkan sejumlah masjid yang ada di wilayah tersebut.

"Kami menargetkan ada 4 masjid besar Yaitu Masjid Darussalam, Masjid Nurul Yakin, Masjid Mawaddah Warahmah, dan Masjid Al-fattah yang ada di Kecamatan Kota Besi, tidak menutup kemungkinan jumlah masjid yang akan di bersihkan bertambah," ungkapnya.

Dia menambahkan, selain kegiatan tersebut mereka juga bakal melaksanakan beberapa kegiatan seperti membuat "Warung Ramadan" bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM sekitar yang tidak punya wadah/lapak tempat jualan, serta tidak tahu tentang promosi.

"Jadi kami bentuklah warung Ramadan untuk membantu UMKM yang kesulitan dalam penjualan, kami menerima semua titipan dari UMKM yang ada di Kecamatan Kota Besi, dengan syarat ketentuan berlaku yaitu barang dagangan yang di titipkan tidak boleh sama dengan penitip lainnya," tuturnya.

Lanjutnya, selain itu menurut dia mereka juga akan melaksanakan kegiatan "Remaja Peduli" yakni kegitaan membantu orang orang yang dalam kesulitan terutama kesulitan ekonomi. Misalnya, mereka bisa dapat makan sahur dengan enak, berbuka puasa dengan enak, melalui remaja peduli merema ingin membatu saudara-saudara yang tidak dapat merasakan nikmatnya sahur dan berbuka.

"Kami juga membuka untuk siapa saja yang mau menyumbang utuk kegiatan ini, untuk di salurkan ke saudara-saudara kita yang membutuhkan, dengan memikirkan perut orang lain, tidak memikirkan untuk perutnya sendiri, kami ingin "Remaja Peduli" ini tidak hanya dilakukan pada bulan puasa saja, karena mereka yang memerlukan bantuan tidak di bulan puasa saja," imbuhnya. 

Dia berharap kegitaan ini tidak di lakukan pada bulan Ramadan saja, kalau bisa dilakukan setiap bulannya. Ini untuk menanamkan jiwa peduli dan jiwa sosial pada anggota remaja Kota Besi, supaya tidak terjebak pada kenakalan remaja. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami