Home News Metropolis Diterpa Hujan Deras dan Angin Kencang Pohon Mahoni Tumbang ke Jalan Raya

Diterpa Hujan Deras dan Angin Kencang Pohon Mahoni Tumbang ke Jalan Raya

  Muhamad Oktavianto   | Jumat , 08 Maret 2024
39ae37bc17f4e4150bd7211282b662dd.jpg
Pohon tumbang ke Jalan Cristopel Mihing Sampit, Jumat pagi (8/3) akibat cuaca ekstrem.

KLIK. SAMPIT - Sebuah pohon mahoni setinggi belasan meter tumbang ke Jalan Cristopel Mihing, dekat Depo Sampah SMP Negeri 3 Sampit, Jumat (8/3). Pohon tersebut tumbang lantaran diterpa hujan deras dan angin kencang yang terjadi dini hari.

"Pohon tumbang ke jalan tapi bagian puncaknya masih mengenai bangunan milik warga," ungkap Mustafa, warga yang melintas di jalan tersebut.

Beruntung puncak pohon masih berada di bangunan milik warga sehingga pengendara masih bisa melintas di bawahnya. Rumah yang ditimpa pun tampak tidak mengalami kerusakan berarti.

" Mungkin tumbang saat hujan deras dan angin kencang yang terjadi dini hari. Hingga pagi sekitar pukul 07.00 pohon itu belum dievakuasi oleh petugas terkait," ujarnya.

Warga sekitar pun meminta pertolongan kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotim untuk memotong pohon tersebut agar tidak mengganggu warga yang melintas. 

"Kami mendapat informasi bahwa ada pohon tumbang yang mengganggu masyarakat pengguna jalan dan hampir mengenai kabel PLN ," kata Kepala Pleton Piket Jaga Disdamkarmat Kotim Supriansyah. 

Petugas pun langsung bergerak ke lokasi kejadian dan langsung mengevakuasi pohon tumbang tersebut, bersama warga sekitar dan instansi teknis lainnya. 

Sementara itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi H Asan Sampit mengimbau masyarakat waspada saat terjadinya hujan. Sebab dampak hujan deras cukup berbahaya seperti angin kencang, pohon tumbang dan banjir. 

"Potensi curah hujan Untuk tiga hari ke depan diperkirakan masih akan terjadi," ucap Prakirawan BMKG Stasiun H Asan Sampit Nadin Ayasha. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami