Home News Metropolis Besok Malam Peringatan Nisfu Syaban, Berikut Masjid-Masjid di Sampit yang Melaksanakannya

Besok Malam Peringatan Nisfu Syaban, Berikut Masjid-Masjid di Sampit yang Melaksanakannya

  Sugianto   | Jumat , 23 Februari 2024
5836d342bd5303cb49a64ad7d7bc2e2f.jpg
Ilustrasi.net

KLIK.SAMPIT- Peringatan malam nisfu syaban tahun ini, bakal digelar Sabtu (24/2). Sejumlah masjid, langgar dan surau akan melaksanakan salat hajat dan baca surah yasin bersama. 

Peringatan Nisfu Syaban ini biasanya sudah menjadi tradisi di kalangan kaum Nahdliyin yang merupakan golongan kaum muslimin di Indonesia. 

"Umat muslim akan menggelar malam nisfu syaban pada Sabtu (24/2) 2024 malam minggu ," ucap Idris, tokoh agama di Kotawaringin Timur. 

Hal ini disampaikan Idris di sela menyampaikan khotbah salat jumat di Masjid Besar Baiturrahmah di Jalan Desmon Ali, Kecamatan Baamang, Jumat (23/2).

Adapun jadwal puasa nisfu syaban tahun 2024ini berdasarkan kalender Hijriah Indonesia 2024 terbitan Kemenag RI, bertepatan dengan hari Minggu, (25/2) sementara malam Nisfu Syaban dimulai sejak tanggal (24/2) setelah maghrib.

Menurut Idris, mengutip Kitab Fiqhus Sunnah tulisan Sayyid Sabiq, anjuran puasa nisfu syaban tercantum dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Majah dari Mu'awiyah bin Abdillah bin Ja'far,

Dalam penjrlasanya disebutkan, jika masuk malam pertengahan bulan Syaban maka salatlah di malam harinya dan berpuasalah di siang harinya. Karena Allah turun ke langit dunia ketika matahari terbenam.

Terdapat juga dalil sahih yang menyebut Nabi Muhammad SAW paling banyak berpuasa di bulan Syaban. Diriwayatkan oleh Aisyah, ia berkata:

"Tidaklah aku melihat Rasulullah berpuasa sebulan penuh kecuali bulan Ramadan, dan tidaklah aku melihatnya puasa paling banyak dalam sebulan, kecuali bulan Syaban. (HR Bukhari dan Muslim)," ujar Idris.

Selain itu dalam kalender Islam, puasa nisfu syaban selalu dikerjakan pada pertengahan bulan syaban, tepatnya 15 Syaban. Jadi, puasa nisyfu syaban bersamaan dengan jadwal puasa Ayyamul Bidh hari ketiga.

Keutamaan puasa Nisfu Syaban diterangkan dalam buku Keagungan Rajab dan Syaban oleh Abdul Manan bin Hj. Muhammad Sobari, dianjurkan puasa sunnah pertengahan bulan syaban atau puasa nisyfu syaban. Sebab banyak keutamaan jika melakukannya, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

"Barang siapa yang mengerjakan puasa 3 hari sejak awal bulan Syaban dan 3 hari di pertengahannya kemudian 3 hari di akhirnya, niscaya Allah SWT menuliskan baginya 70 pahala para Nabi dan dia diberi pahala sama dengan orang yang beribadah kepada Allah selama 70 tahun dan sekiranya mati, di tahun itu akan mati syahid." ungkap Idris dalam khotbahnya.

Lanjutnya, disebutkan pula dalam buku Meraih Surga dengan Puasa tulisan H Herdiansyah Achmad LC, dari Ali bin Abi Thalib ia berkata Nabi SAW bersabda:

"Jika datang malam Nisfu Syaban, sholatlah dan puasalah pada siang harinya. Karena Allah SWT akan menurunkan ampunannya di malam itu, mulai dari terbenamnya matahari hingga pagi hari.

Ditambahkannya, Allah berfirman, 'Ingatlah Aku akan mengampuni orang yang meminta ampun dari-Ku, ingatlah Aku akan memberikan rezeki pada orang yang meminta rezeki kepada-Ku, ingatlah Aku akan mengabulkan orang yang meminta kesehatan kepada-Ku, dan ingatlah Aku akan begini dan begitu (yakni meminta apa saja) meminta pada Allah SWT sampai munculnya fajar (HR. Ibnu Majah).

Adapun biasanya umat muslim di Kota Sampit kerap kali menggelar malam nisfu syaban di sejumlah masjid di Kota Sampit, misalnya Masjid Besar Baiturrahmah di Jalan Desmon Ali, Masjid Jami Noor Agung Jalan Pemuda Sampit, Masjid Jami Al- Falah Jalan Achmad Yani Sampit, Masjid Jami Assalam di Jalan Ir Juanda dan sejumlah masjid, langgar dan surau lainnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami