Home News Metropolis Kotim Tak Capai Target Aktivasi IKD

Kotim Tak Capai Target Aktivasi IKD

  Sugianto   | Selasa , 20 Februari 2024
f41a99c44000ce5f0a839ccf8c540a2c.jpg
Kepala Disdukcapil Kotim Agus Tripurna Tangkasiang.

KLIK.SAMPIT - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kotawaringin Timur Agus Tripurna Tangkasiang membeberkan, aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) pada 2023 di daerah itu tidak mencapai target.

"Target kita untuk tahun 2023 itu sebesar 25 persen dari wajib KTP Elektronik (KTP-el) dan belum bisa tercapai," ucap Agus, Selasa (20/2). 

Menurit Agus, permasalahan ini disebabkan adanya keterbatasan masyarakat yang memiliki HP yang berbasis android dan juga pihaknya harus melakukan jemput bola atau masyarakat yang ke kantor Disdukcapil. Sebab, aktivitas IKD harus mendapatkan kode aktivitas melalui Disdukcapil baru bisa diakses.

"Hal ini menjadi permasalahan tidak tercapainya target. Meskipun kami sudah membantu aktivasi IKD saat melakukan kegiatan jemput bola adminduk ke desa-desa atau kecamatan, masih ada kekhawatiran dari masyarakat tentang IKD ini," terangnya.

"Karena takut data kependudukan diretas, membuat masyarakat khawatir dan tidak melakukan aktivitas IKD. Padahal keamanan data masyarakat yang telah aktivasi IKD dijamin Ditjen Dukcapil Kemendagri RI," sambungnya.

Adapun diketahui, capaian aktivasi IKD di Kotim saat ini 14,91 persen dari jumlah wajib KTP 314.152 dan jumlah penduduk 437.072. Disdukcapil Kotim harus kembali memenuhi target aktivasi IKD 25 persen pada tahun 2024.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya berupaya melakukan sosialisasi tentang IKD dan memberikan penjelasan sesuai arahan Ditjen Dukcapil Kemendagri RI.

"Kami mengimbau masyarakat harus mengaktifkan IKD, saat melakukan pelayanan di kantor, mal pelayanan publik, atau ketika kami jemput bola," pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami