Home News Metropolis Tim Rescue Selamatkan Orangutan Jantan Dengan Bobot 40 Kg di Seruyan

Tim Rescue Selamatkan Orangutan Jantan Dengan Bobot 40 Kg di Seruyan

  Sugianto   | Senin , 19 Februari 2024
dd0430c884c293c98f0942cefc03ad61.jpg
Tim Rescue saat mengevakuasi orangutan di Desa Baung, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Minggu (18/2).

KLIK.SAMPIT- Tim Reacue dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam dan Orangutan Foundation International melakukan penyelamatan terhadap orangotan jantan dengan dengan bobot 40 Kilogram di Desa Baung, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Minggu (18/2). 

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Manusia (BKSDA) Resort Sampit Muriansyah mengatakan, penyelamatan orangutan berdasarkan dari laporan warga Desa Baung tentang adanya 1 individu orangutan masuk ke permukiman warga.

"Orangutan itu berada di sekitar permukiman dan sempat masuk ke rumah warga," ujarnya, Senin (19/2).

Kemudian warga langsung melaporkan ke pihak petugas BKSDA dan menurut pengakuan warga setempat kemunculan satwa dilindungi itu sudah 2 hari berada di sekitar lokasi.

Selanjutnya, setelah menerima laporan dari warga, petugas rescue bersama mitra menuju lokasi. Setibanya di lokasi petugas langsung melakukan kegiatan rescue dan berhasil membius orangutan tersebut.

Pihaknya melakukan rescue penyelamatan orangutan tersebut dan hasil pemeriksaan medis, tidak ditemukan luka besar dan peluru senapan angin di tubuh orangutan.

"Saat rescue, dilakukan pemeriksaan dan tidak ditemukan luka besar dan peluru senapan angin di tubuh orangutan. Hanya luka kecil terkena duri rotan," terangnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami