Home Peristiwa Kalsel Dilanda Gempa Bumi, Getaran Terasa hingga Sampit dan Palangka Raya

Kalsel Dilanda Gempa Bumi, Getaran Terasa hingga Sampit dan Palangka Raya

  Redaksi   | Selasa , 13 Februari 2024
974e7b6728c5b77fb7f2104f0446a202.jpg
Ilustrasi.net

KLIK.SAMPIT - Gempa bumi tektobik 4,7 magnitudo terjadi di daratan Kalimantan Selatan, Selasa (13/2) sekitar pukul 08.22. Getarannya bahkan terasa di Kalimantan Tengah yakni di Sampit dan Palangka Raya. 

Rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,7. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,19° LS ; 115,12° BT. 

"Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 19 Km arah Timur Laut Banjar, Kalimantan Selatan pada kedalaman 10 kilometer," ungkap Kepala BMKG Stasiun Meteorologi H Asan Sampit Musuhanaya. 

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas patahan Meratus. 

Berdasarkan estimasi peta guncangan ( shakemap ), gempabumi ini menimbulkan guncangan di daerah Kota Banjarmasin, Kabupaten Tapin, Marabahan Kabupateb Barito Kuala dirasakan III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah.

"Terasa getaran seakan akan truk berlalu, Kota Sampit, Pulau Pisau dan Kota Palangkaraya II-III MMI Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu," jelasnya. 

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. 

Masyarakat pun diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," imbau Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan dalam rilisnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami