Home News Metropolis Buaya Muara Pemakan Bangkai Ayam di Bagendang Memiliki Panjang Empat Meter

Buaya Muara Pemakan Bangkai Ayam di Bagendang Memiliki Panjang Empat Meter

  Sugianto   | Minggu , 04 Februari 2024
ccef47246ab8da1e7d1c0cedfc5b179a.jpg
Komandan BKSDA Pos Sampit Muriansyah saat melakukan observasi kemunculan buaya di Desa Bagendang Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kotim, Sabtu sore (3/2).

KLIK.SAMPIT- Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) melakukan observasi ke lokasi kemunculan seekor buaya yang memakan plastik warna merah yang berisi bangkai ayam di Desa Bagendang Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur, Sabtu sore (3/2).

Pihak BKSDA menyebut buaya tersebut jenis muara dan memiliki panjang empat meter.

"Lokasi kemunculan buaya berada di bekas kerukan tepi Sungai Mentaya, masuk di Gang Garuda RT 02, Desa Bagendang Hilir," ucap Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah, Minggu (4/2).

Pihak BKSDA saat di lokasi bertemu langsung dengan Wahyu yang merupakan pembuat video, ketua RT setempat dan warga lainnya.

"Dari keterangan Wahyu dan warga yang melihat kemunculan buaya secara langsung, buaya itu merupakan buaya muara panjang sekitar 4 meter," terang Muriansyah.

Adapun dalam video yang beredar buaya itu terlihat sedang memakan kresek plastik berwarna merah, ternyata berisi limbah ayam

"Ketika dilokasi kami menemukan masih ada tersisa bulu-bulu ayam paska buaya itu memakan bangkai ayam," ungkap Muriansyah. 

Lanjutnya, saat di lokasi BKSDA memasang satu buah spanduk peringatan kemunculan buaya dan juga memberikan arahan kepada warga sekitar.

"Kami mengimbau warga selalu berhati-hati dan waspada saat beraktivitas di sungai. Jangan membuang sampah rumah tangga ke sungai. Jangan memelihara ternak di tepi dan atas sungai, dan dilarang menangkap ikan secara ilegal atau peracunan dan penyentruman," pungkas Muriansyah.

Adapun sebelumnya diberitakan seekor buaya muncul di parit kerukan di Desa Bagendang Hilir Kecamatan Mentaya Hilir Utara.

Seekor buaya besar terekam kamera warga bernama Wahyu saat memangsa bangkai ayam di dalam plastik kresek berwarna merah, Jumat (2/2). (KLIK.RED)

Baca Juga

Ikuti Kami