Home Pemerintah Kotawaringin Timur Ternyata di Sampit Ada Durian Duri Hitam, Bupati Menjajal Kelezatannya

Ternyata di Sampit Ada Durian Duri Hitam, Bupati Menjajal Kelezatannya

  Sugianto   | Minggu , 14 Januari 2024
4986380496806e1116be04d300f581d8.jpg
Bupati Kotim Halikinnor beserta saat mencicipi Durian Duri Hitam yang ditanam di Sampit.

KLIK.SAMPIT- Durian duri hitam atau black thorn seperti yang ditampilkan dalam serial animasi Malaysia Upin dan Ipin ternyata benar adanya. Bahkan di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, telah memproduksi durian yang kabarnya lebih nikmat dibanding Musang King tersebut.

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor sebagai pecinta durian tak mau melewatkan itu. Ia datang ke kebun buah milik Sanggul Lumban Gaol untuk panen perdana dan menjajal kelezatan si raja buah itu. 

"Ini namanya Durian Black Thorn Sampit. Ini durian baru ada di Kotawaringin Timur dan ternyata satu pohon bisa menghasilkan 20 hingga 30 buah," ucap Halikinnor, Minggu (14/1).

Hal ini disampaikan saat Halikin bersama Sekretaris Daerah Kotim Fajrurrahman, mengunjungi kebun durian milik Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kotim, Sanggul Lumban Gaol, yang berada di Jalan Sudirman, Kilometer 28, Sampit.

Halikin berserta jajaran langsung memetik durian tersebut langsung dari pohon dan mencicipinya.

"Ini bukti nyata saya tadi langsung memetik dari pohon, sekaligus membuka durian ini. Asli black Thorn Sampit sangat enak," ungkapnya.

Halikin mengakui kualitas, rasa, dan penampilan durian jenis baru itu setara dengan durian kualitas tinggi, yakni durian black thorn dari Malaysia.

"Jadi tidak hanya Malaysia yang ada durian ini, tapi kita sudah bisa menyaingi. Mulai rasa, rupa, dan kualitasnya hampir seperti Durian Black Thorn punya Malaysia," terangnya.

Orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Kotim ini pun percaya bahwa durian ini akan menjadi salah satu komoditas unggulan daerahnya. Misalnya kalau ada kunjungan pejabat luar daerah pihaknya akan menyuguhkan durian tersebut.

"Kalau ada kunjungan menteri, presiden dan wakil presiden dan pejabat lainnya akan kita suguhkan. kita bangga punya durian black thorn Sampit," ujarnya.

Selain itu Halikin berharap komoditas baru ini juga akan turut mendongkrak perekonomian daerahnya.

"Kita punya potensi agrowisata baru, mudah-mudahan inovasi baru ini dapat mendongkrak perekonomian daerah," pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami