Home Pemerintah Kotawaringin Timur Cegah Banjir, Bupati Sindir : Ada Gotong Royong, Oknum Warga Malah Santai dalam Rumah

Cegah Banjir, Bupati Sindir : Ada Gotong Royong, Oknum Warga Malah Santai dalam Rumah

  Sugianto   | Sabtu , 25 November 2023
45edb7985a2b1f7d91daa8dcf0ff87c8.jpg
Bupati Kotim Halikinnor saat diwawancara terkait kebersihan lingkungan saat musim hujan.

KLIK.SAMPIT- Memasuki musim hujan Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor mengajak, seluruh elemen masyarakat untuk menggalakkan gotong royong di wilayahnya masing- masing agar tidak terjadi banjir.

"Saya minta warga melalui RT, RW dan Kelurahan di tiap- tiap kecamatan untuk membersihkan lingkungannya masing- masing," ucap Halikin, Jum'at (24/11).

Selain itu Halikin juga mengingatkan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Terlebih sampai masuk di dalam selokan dan parit.

"Paling tidak masyarakat membersihkan di depan rumah masing-masing baik itu di selokan dan parit jangan sampai misalkan ada gotong royong pemilik rumah hanya santai tidak mau ikut membersihkan lingkungn rumahnya," ujarnya.

Adapun Kabupaten Kotim merupakan wilayah langganan terjadi banjir, baik itu banjir skala kecil atau genangan di wilayah perkotaan dan juga banjir besar yang kerap terjadi di wilayah Utara. Sehingga setiap memasuki musim hujan pemerintah daerah pun mengajak masyarakat untuk mengantisipasi banjir.

Halikin menilai kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah efektif untuk antisipasi ancaman banjir saat ini. Walau pun, cara ini tidak sepenuhnya bisa menghindarkan Kota Sampit dari banjir karena secara topografi kota tersebut memang lebih rendah dari permukaan laut.

"Harapan saya, setidaknya ketika hujan turun dan air meluap kepemukiman dengan aliran air yang bersih. Harapan kita jangan sampailah ada banjir, walau pun kemungkinan ada banjir paling tidak cepat juga surutnya," pungkas Halikin. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami