Home Pemerintah Kotawaringin Timur Perputaran Uang di Kotim Terbesar di Kalteng

Perputaran Uang di Kotim Terbesar di Kalteng

  Sugianto   | Kamis , 09 November 2023
b7e0853cf833852df609b8692509c980.jpg
Bupati Kotim Halikinnor (empat kiri) saat menerima penghargaan dari Kementerian Investasi di Jakarta (8/11).

KLIK.SAMPIT- Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengatakan bahwa perputaran uang di Kotim adalah yang terbesar di Kalimantan Tengah.

Hal tersebut berdasarkan informasi dari Kepala Cabang BRI Sampit yang mengatakan pesatnya pertumbuhan ekonomi di Kotim.

Halikin juga memprediksi, perputaran uang dan perekonomian di Kotim akan jauh lebih meningkat dengan banyaknya investor yang masuk dan pihaknya juga sedang pembuatan tol sungai di Sungai Mentaya dan akan segera terealisasi.

 "Saya yakin dan percaya dengan banyaknya investor yang masuk perkembangan ekonomi kita akan lebih meningkat dan juga nantinya dengan jalur tol Sungai, kapal-kapal dengan bobot 20 ribu sampai 70 ribu ton dapat masuk dan bersandar di pelabuhan Sampit," ujarnya.

Halikin menyampaikan, pihaknya juga telah berkomunikasi dengan Kepala Kantor Bea Cukai Sampit, terkait peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pasar Ekspor.

"Ternyata selama ini ekspor kita itu yang menikmati adalah Lampung, Dumai, Batam, dan Medan. Karena di Kotim belum bisa dimasuki kapal besar, nantinya kalau jalur tol sudah selesai maka Kotim lah yang akan mendapatkan hasil Ekspor ini," terangnya.

Halikin juga menyampaikan rencana perpanjangan landasan pacu di Bandara Haji Asan Sampit, supaya pesawat dengan badan besar bisa masuk ke Sampit, sehingga bisa menarik lebih banyak investor untuk menanamkan modal di Kota Sampit.

Menurutnya, salah satu indikator bagi para investor untuk menanamkan modal atau berinvestasi adalah kondisi bandara pada suatu daerah.

"Semakin banyak investasi yang masuk, maka perekonomian daerah pun semakin maju," pungkas Halikin. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami