Home News Metropolis November Mulai Musim Hujan, Masyarakat Kotim Diimbau Waspada Cuaca Ekstream

November Mulai Musim Hujan, Masyarakat Kotim Diimbau Waspada Cuaca Ekstream

  Sugianto   | Senin , 06 November 2023
02b11d708ccc5220dff7cb90a915da78.jpg
Hujan deras mengguyur Kota Sampit, November 2023 merupakan awal musim hujan, masyarakat diimbau waspada cuaca ekstrem.

KLIK.SAMPIT- Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Tengah, Kabupaten Kotawaringin Timur merilis bulan November 2023 ini sudah mulai memasuki musim hujan. Masyarakat pun diminta waspada peralihan musim mengakibatkan cuaca ekstream.

"Benar, sudah memasuki musim hujan bulan November ini," ucap prakirawan cuaca BMKG Kotim, Mulyono Leo Nardo, Senin (6/11).

Menurutnya, secara umum prakiraan cuaca musim hujan untuk wilayah Kotim, terlihat dari kondisi cuaca yang berawan dan berpotensi akan terjadi hujan. Dimulai dari wilayah Utara, Tengah, dan terakhir Selatan.

"Untuk 3 hari ke depan akan terjadi hujan lagi yang di mulai dari wilayah Utara Kotim," ujarnya.

Ia juga menyebut, untuk Kotim juga telah memasuki masa peralihan musim yakni sejak pertengahan bulan Oktober lalu hingga November sekarang ini.

Ia menjelaskan saat masa peralihan musim ini secara umum kejadian cuaca saat periode peralihan musim adalah adanya perubahan kondisi cuaca yang relatif lebih cepat. Pada pagi-siang umumnya cerah-berawan dengan kondisi panas cukup terik yang diikuti dengan pembentukan awan yang signifikan dan hujan intensitas tinggi dalam durasi singkat yang secara umum dapat terjadi pada periode siang-sore hari.

"Biasanya potensi terjadinya cuaca yang ekstrem yakni terjadi hujan dengan durasi yang singkat namun intensitasnya cukup tinggi sehingga debit air yang tinggi, disertai petir, kilat dan angin kencang," imbuhnya.

Ia mengimbau masyarakat agar waspada dengan dampak yang mungkin ditimbulkan masa peralihan ini. Pasalnya, potensi bencana itu seperti banjir, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin bisa saja terjadi.

"Untuk masyarakat kalau beraktivitas di luar ruangan saat cuaca ekstrem, agar lebih berhati- hati," pungkas Mulyono. (KLIK-RED) 

Baca Juga

Ikuti Kami